ISTANBUL – Masjid Biru atau lebih dikenal dengan Masjid Sultan Ahmed di Istanbul Turki terlihat seperti kastil saat dikunjungi di malam hari pada waktu musim dingin.

Fotografer : Elitha Evinora Tarigan

Beberapa waktu lalu The Editor berkunjung ke kota bersejarah Istanbul. Setibanya di bandara Ataturk, Istanbul, Turki kami langsung menuju sebuah penginapan yang letaknya hanya sepelemparan batu dari masjid biru.

Meski berkunjung di bulan Maret namun udara dingin tetap saja menembus pakaian berlapis yang saya kenakan. Setibanya di penginapan, saya langsung bertanya kepada petugas yang berjaga apakah diizinkan menikmati waktu di roof top. Tujuannya hanya satu, yakni melihat melihat menara masjid yang menjulang tinggi berwarna keemasan.

Setelah mendapat izin akhirnya saya dan dua rekan saya langsung naik keatas gedung. Tombol lift dari gedung tua tempat saya menginap terlihat lapuk. Begitu juga dengan bangunan lift yang terkadang bergoyang saat naik keatas gedung.

Dan inilah pemandangan Masjid Biru dari roof top lantai 7 sebuah peginapan di Istanbul, Turki. Ditemani sinar bulan, pemandangan yang ditawarkan ternyata luar biasa. Sedikit masukan, bila anda berkunjung saat musim dingin, maka pastikan hotel atau penginapan yang anda tinggali memiliki fasilitas penghangat ruangan yang memadai. Karena di tempat yang saya tinggali tidak menyediakan pemanas ruangan yang aktif selama 24 jam penuh. Sementara udara dingin Istanbul sudah pasti akan mengganggu tidur anda, bahkan bisa menyebabkan hipotermia bila dibiarkan selama berjam-jam.

Saran lain untuk anda yang memiliki dana terbatas saat berlibur adalah dengan memilih hotel atau penginapan yang agak jauh dari lokasi wisata, khususnya area Masjid Biru agar lebih murah dan fasilitasnya lengkap.

Leave a Reply

  • (not be published)