Interior Teater Mariinsky yang dipertahankan sejak awal berdiri yakni tahun 1860 (Ksenia/ THE EDITOR)

RUSIA – Mariinsky Theatre adalah salah satu bangunan teater dan konser terbesar di dunia karena memiliki luas sebesar 79.114 m2. Auditorium ini dapat menampung hingga 1.830 orang di tujuh lantai yang terbagi di atas dan bawah tanah.

Terdapat beberapa ruangan di teater ini selain kursi penonton, diantaranya panggung utama, panggung latihan dan bagian belakang panggung yang dijadikan sebagai ruang latihan untuk sanggar balet, sanggar opera dan orkestra. Bagian belakang teater ini mampu menampung hingga 1000 pekerja.

Ampiteater atap teater ini biasa dijadikan sebagai tempat perhelatan festival Stars of the White Nights dan area parkir mobil bawah tanah untuk staf. Tak heran teater Mariinsky sebagai salah satu lembaga budaya terpenting di dunia.

Teater ini menyediakan ruang seluas 170m2 untuk bisa menampung hingga 120 musisi. Kemegahan kejayaan masa Kekaisaran Rusia masih dapat dirasakan di Mariinsky hingga saat ini, terutama di bagian dalam interiornya yang terawat indah.

Mariinsky tetap menjadi salah satu tempat klasik untuk pertunjukan opera dan balet tidak hanya di Rusia tetapi juga di seluruh dunia hingga saat ini.

Mariinsky Theatre adalah gedung opera dan ballet paling terkenal yang pernah ada di Petersburg, Rusia. Dibuka pada tahun 1860, opera ini mencapai kejayaannya di akhir abad ke-19 dimana sejumlah mahakarya panggung seperti Tchaikovsky, Mussorgsky, dan Rimsky-Korsakov berawal dari gedung pertunjukan ini.

Saat ini, Teater Mariinsky adalah rumah bagi Balet Mariinsky, Opera Mariinsky, dan Orkestra Mariinsky. Selama lebih dari dua abad, Teater Mariinsky telah menghadirkan banyak artis hebat kepada dunia. Bapak pendiri sekolah pertunjukan opera Rusia Osip Petrov berasal dari tempat ini. Di sinilah penyanyi hebat seperti Fyodor Chaliapin, Ivan Yershov, Medea dan Nikolai Figner dan Sofia Preobrazhenskaya mengasah keterampilan mereka dan naik menuju kejayaan.

Penari balet yang pernah dikenal diseluruh dunia juga berasal dari tempat ini seperti Mathilde Kschessinska, Anna Pavlova, Vaslav Nijinsky, Galina Ulanova, Rudolf Nureyev dan Mikhail Baryshnikov. Di sinilah George Balanchine memulai perjalanan menuju seni. Teater ini telah menjadi saksi munculnya bakat-bakat dekorator teater yang brilian seperti Konstantin Korovin, Alexander Golovin, Alexandre Benois, Simon Virsaladze dan Fyodor Fyodorovsky.

Leave a Reply

  • (not be published)