Lilly Singh (Foto: Youtube)

KANADA – Lilly Singh pertama kali memulai karirnya sebagai Youtuber di tahun 2010. Majalah Forbes pernah menobatkan perempuan berumur 33 tahun ini sebagai Youtuber paling mahal nomor 3 di dunia dengan perolehan 7,5 juta dollar.

Sementara itu, di tahun 2017 Forbes kembali menobatkannya sebagai Youtuber termalah nomor 10 di dunia dengan pendapatan mencapai 10,5 juta dollar, dan di tahun 2019 pendapatannya meningkat menjadi 14,9 juta dollar.

Lilly Singh yang memiliki darah India dan beragama Sikh. Lilly menamai Youtube channelnya langsung bisa di klik di “Superwoman”. Isi video tersebut adalah keseharian keluarga India selama tinggal di luar negeri.

Ia memainkan seluruh karakter dalam keluarganya dan bahkan berdandan persis sama seperti ayah, ibu, abang dan kakaknya.

Hingga saat ini, Lilly Singh memiliki 14,9 juta subscribers di Youtube dan memiliki talk show sendiri bernama A Little Late With Lilly Singh yang tayang di NBC. Dengan segala macam penghargaan yang Ia peroleh, Lilly menjadi orang keturunan India yang paling dibully oleh masyarakat India di Instagram. Lilly dilarang menggunakan lagu India di Instagramnya dengan berbagai alasan. Padahal Ia adalah Youtuber asing yang paling sering mempopulerkan kebudayaan India.

“Seperti yang anda ketahui, saya harus menghapus video clip yang menayangkan aktris Madhuri Dixit favorit saya dari Instagram saya sendiri karena sebuah perusahaan yang entah berada dimana marah karena saya menggunakan 4 detik dari lagu tersebut,” ujar Lilly di akun Instagramnya di @lilly di tahun 2020 lalu.

Kata Lilly, sama seperti penggemar film dan lagu India lainnya yang tinggal di Eropa, Ia hanya menggunakan lagu tersebut sebagai bentuk ekspresi dan hobi. Tribute lagu tersebut pun Ia tujukan kepada aktris India Madhuri Dixit yang pernah berkolaborasi dengannya. Madhuri Dixit juga salah satu aktris yang sangat dihormati di India karena keberhasilannya di dunia perfilman.

Lilly mengatakan bila teguran tersebut tidak masuk akal karena tidak melanggar hak cipta pembuatnya. Sebagai bentuk protes, Ia mengunduh satu video di pinggir pantai dengan latar belakang lagu berjudul Laal Dupatta yang pemeran video klipnya adalah Priyanka Chopra.

“Bila ada yang tidak suka dengan konten saya yang ini, silahkan sampaikan permintaan maaf saya kepada yang bersangkutan di luar sana,” kelakarnya.

Dan sekarang, Lilly mulai mengunduh video komedi tanpa musik di Instagram sebagai bentuk sindiran kepada perusahaan asal India yang tidak mengizinkan penggunaan lagu dari film-film yang populer di tahun 80 dan 90-an.

Ia berharap sindirian tersebut dapat membuka cakrawala berpikir perusahaan India yang memproduksi film dan lagu populer.

Leave a Reply

  • (not be published)