Pemandangan Sungai Nam Song di Vang Vieng (Foto: Elitha Evinora Tarigan)

LAOS – Vang Vieng adalah kota kecil yang terletak 150 km dari Vientiane. Kota yang terletak di sepanjang kurva indah di Sungai Nam Song dan menjadi tujuan populer di kalangan backpacker ini, juga dianggap sebagai Jalan Khaosan kecil di Laos. Vang Vieng memiliki pemandangan yang indah dengan pegunungan kapur karst yang mencolok, gua dan kuil kuno yang dapat dijelajahi.

Di dalam kota Vang Vieng terdapat banyak biara yang berasal dari abad 16 dan 17 seperti Vat Kang, Vat Chua Pan, Vat Si Vieng Song (Vat That), Vat Phong Phen dan yang paling banyak dikunjungi adalah Vat Si Suman.

Vang Vien dikelilingi desa tradisional Hmong yang dapat dikunjungi dan dieksplorasi karena memang sangat kental dengan budaya kuno Laos.

Salah satu pengalaman yang mungkin akan sulit dilupakan saat melintasi diatas jembatan bambu yang membentangi Sungai Nam Song. Tidak ada yang tahu bila jembatan bambu kecil ini ternyata bisa juga dilewati oleh motor. Jantung serasa ingin melompat keluar dari tubuh saat melihat motor melaju kencang lewat diatas jembatan sementara pejalan kaki tengah santai menikmati pemandangan. Jembatan bambu ini sangat kecil dan terlihat rapuh. Berani lewat?

Berkunjung Ke Desa Budaya Hmong

Di sekitar kota terdapat desa-desa Hmong yang dapat dikunjungi dan mengalami langsung pengaturan budaya Laos. Sebagian besar pelancong menghabiskan waktu mereka dengan bersepeda dan berjalan-jalan di sepanjang tepi sungai dan menjelajahi desa-desa setempat di daerah tersebut.

Banyak wisma serta restoran yang dapat ditemui saat berkunjung ke kota ini. Anda dapat menikmati wisata tempo dulu saat berkunjung kesini, misalnya dengan surat dari kantor pos yang menyediakan postcard beraneka macam khas Laos.

Vang Vieng tidak menawarkan banyak tempat untuk dijelajahi. Katanya, wisatawan dapat menikmati opium saat berada disini. Opium umumnya dicampur dengan makanan sehingga dapat memberikan efek bahagia saat dikonsumsi. Karena The Editor belum sempat mencoba saat berkunjung kesana, maka sebaiknya dilakukan kembali saat kunjungan berikutnya bersama pembaca setia di waktu yang akan datang.

Leave a Reply

  • (not be published)