JAKARTA – Apa yang paling menyenangkan saat traveling selain tiba di sebuah destinasi wisata yang spektakuler? Jawabannya adalah memiliki koper yang nyaman dan kuat untuk dibawa ke seluruh kota yang hendak anda tuju.

Menyusuri jantung kota Slovenia dengan taksi (Fotografer : Elitha Evinora Tarigan)

Kali ini The Editor akan mengulas sedikit tentang bagaimana cara traveling paling nyaman naik bus menyusuri Eropa saat musim dingin dengan bus (biasa disebut Flixbus). Apa saja yang perlu diperhatikan dari sebuah koper agar perjalanan tidak terganggu?

1. Koper harus memiliki gagang yang kuat. Gagang yang kuat sangat dibutuhkan karena koper sudah pasti berkali-kali akan keluar masuk bagasi bus. Jadi pastikan gagangnya tidak copot saat diangkat ataupun diseret dalam perjalanan.

Gagang koper yang kuat sangat dibutuhkan saat tengah menyusuri jalanan. Harus diingat bahwa tidak semua jalanan di Eropa itu mulus. Gagang yang kokoh akan mempermudah arah kendali koper yang anda bawa. Bayangkan anda harus menarik koper dengan gagang yang miring ke kiri dan ke kanan. Otomatis tubuh pun harus menyesuaikan dengan berat dan arah laju koper tersebut. Sangat tidak nyaman dan buang-buang tenaga. Pergelangan tangan akan terasa sakit bila dibiarkan terjadi berhari-hari.

2. Perhatikan roda koper yang hendak dibeli. Saya sarankan merk Samsonite karena terbukti ketangguhannya saat dipakai/didorong di tempat berbatu. Koper roda empat dan berputar multi arah akan menjaga kestabilan gerak koper sehingga pergelangan tangan tidak pegal saat dibawa jarak jauh. Roda koper jenis ini akan bergerak bebas tanpa terpengaruh berat dari barang-barang anda.

3.  Yang paling penting dan harus diperhatikan adalah bahan koper. Banyak orang enggan mengeluarkan biaya lebih saat membeli koper. Dari pengalaman salah satu tim redaksi The Editor, diketahui harga murah ternyata tidak serta merta membawa kenyamanan saat traveling. Saya rekomendasikan koper dengan material hardcase dari pada softcase. Pasalnya, dalam kondisi penuh, koper softcase harus selalu ditopang alias tidak bisa dipaksa untuk berdiri sendiri. Belum lagi saat berada dalam bagasi, koper anda akan ditumpuk bersama dengan koper penumpang lainnya. Kebanyakan orang membeli koper berbahan softcase dengan alasan murah dan memuat banyak barang. Tapi buat apa kalau ternyata dalam perjalanan akan sobek atau rusak. Sama saja kan cari masalah nantinya?

Koper dengan material hardcase memang mahal dan terbatas isinya. Tetapi semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Di pasaran tersedia berbagai macam ukuran koper yang bisa dipilih. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan selama perjalanan.

Sekilas info, beberapa maskapai di Eropa dan Asia sudah mulai memberlakukan aturan larangan membawa koper berukuran 30 kilogram. Jadi pastikan selalu memeriksa aturan negara yang hendak anda tuju dengan teliti.

Leave a Reply

  • (not be published)