Taiwan High Speed ​​Rail (THSR) di salah satu kota stasiun di Taiwan (Foto: Elitha Evinora Tarigan)

TAIWAN – Konstruksi dan operasi THSR dikelola oleh perusahaan swasta yang bernama Taiwan High Speed ​​Rail Corporation yang juga sekaligus sebagai perusahaan operasional.

Total biaya pembangunan proyek ini adalah sekitar NT $ 513,3 miliar pada tahun 1998. Pada saat dibangun, THSR adalah salah satu skema konstruksi rel yang didanai swasta terbesar di dunia. Sistem ini terutama didasarkan pada Shinkansen Jepang.

Kereta ini resmi beroperasi sejak 5 Januari 2007. Kecepatan maksimal yang dapat ditempuh dalam perjalanan adalah 300 km / jam (186 mph). Kereta ini mencapai hingga 90% wilayah negara Taiwan. Stasiun kereta cepat ini juga sangat efektif karena tersambung dengan berbagai moda transportasi darat di Taiwan seperti bus transfer, bus antar-jemput gratis, kereta api konvensional dan metro.

Pada tahun-tahun awal operasinya, THSRC mengakumulasi hutang karena biaya dan bunga penyusutan yang tinggi, sebagian besar karena struktur keuangan yang ditetapkan untuk perusahaan swasta. Pada tahun 2009, THSRC bernegosiasi dengan pemerintah untuk mengubah metode penyusutan dari bergantung pada konsesi hak untuk berkendara.

Pada saat yang sama, pemerintah Taiwan juga mulai membantu refinancing pinjaman THSRC untuk membantu perusahaan agar dapat tetap beroperasi dan menguntungkan. Pemerintah Taiwan menyuntikkan NT $ 30 miliar sebagai dana talangan keuangan untuk meningkatkan status kepemilikan pemerintah menjadi sekitar 64% dari sekitar 37%.

Pemerintah Taiwan juga memperpanjang masa konsesi kereta api dari 35 tahun menjadi 70 tahun dan menghentikan model bisnis bangun-operasi-transfer perusahaan.

Leave a Reply

  • (not be published)