Anjing yang dilatih untuk mendeteksi corona di Thailand (Foto: AP/ Sakchai Lalit/ THE EDITOR)

BANGKOK – Thailand telah mengerahkan regu pendeteksi virus anjing untuk membantu menyediakan cara cepat dan efektif untuk mengidentifikasi penderita Covid-19. Deteksi virus corona penyebab Covid-19 kini tak hanya lewat test swab antigen dan PCR. Di negara ini, pendeteksian virus bisa dilakukan lewat anjing.

Anjing pelacak Thailand yang dilatih berhasil mendeteksi Covid-19 melalui keringat manusia. Thailand telah mengerahkan regu pendeteksi virus anjing untuk membantu menyediakan cara cepat dan efektif untuk mengidentifikasi orang dengan Covid-19 karena negara ini menghadapi lonjakan kasus.

Akurasinya hampir 95% dalam pelatihan dan dapat digunakan untuk mengidentifikasi infeksi Covid-19 di pusat-pusat transportasi. Dalam pelatihan ini, enam Labrador Retriever yang sudah dilatih selama enam bulan untuk menguji keringat pasien yang terinfeksi pada roda pemintalan.

Anjing-anjing itu dapat mendeteksi senyawa organik yang mudah menguap yang disekresikan dalam keringat penderita Covid-19, bahkan saat tidak ada gejala penyakit.

Leave a Reply

  • (not be published)