Garis batas polisi (Foto: Istimewa)

PAPUA – Seperti dilansir dalam Tabloid Jubi, kabar meninggalnya Kabinda Papua ini dikonfirmasi oleh Kapolda Papua, Irjenpol Mathius Fakhiri. Namun apa penyebabnya belum diketahui secara pasti.

“Memang benar Brigjen TNI Putu Dani yang menjabat Kabinda dilaporkan meninggal di Beoga namun hingga kini belum ada laporan lengkapnya,” kata Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri dikuti Antara, Minggu (25/4).

Rencananya, jenazah Kabinda akan diberangkatkan dari Beoga ke Timika esok hari, Seninm 26 April 2021 menggunakan Helikopter Caracal yang take off dari Timika pukul 06.00 WIT.

Sebelumnya, sore tadi kabar meninggalnya Kepala BIN Daerah Papua Brigjen TNI Putu IGP Dani NK sudah ramai tersebar di grup whatsaap. Kematian Brigjen Putu santer dikabarkan karena terjadi kontak di KP Dambet Distrik Beoga Kabupaten Puncak pada pukul 15.50 waktu setempat.

Rencana evakuasi jenasah dikabarkan akan dilakukan dengan helikopter Caracal dari Timika sekitar pukul 06.00 WIT. Skenario pemberangkatan lain adalah diberangkatkan dengan pesawat Smart Aviation yang juga akan berangkat dari Timika di jam yang sama.

Personel yang akan menjemput ke Beoga diantaranya Brigjen TNI Joni Triman dan Lettu CKM dr. Habibi Tanjung.

Perjalanan dari Timika menuju Distrik Beoga memerlukan waktu sekitar 30 menit. Pemberangkatan jenasah baik dengan helikopter maupun pesawat tergantung kondisi cuaca.

Informasi Peristiwa Penembakan Dari Grup Whatsaap

Sementara itu, informasi lain yang tengah santer beredar di grup whatsaap adalah tentang kronologis tewasnya Brigjen Putu. Diantaranya disebutkan bahwa pada tanggal 25 April 2021 pukul 15.30. Berdasarkan informasi dari cakra 1 terdengar bunyi tembakan di Kp. Dangbet Distrik Beoga KKT 14 Orang DPP Kabinda Papua beserta Satgaster dan koramil yang sedang melaksanakan tinjauan medan untuk melaksanakan Patroli/Ambush Tim Delta dan Elang dengan menggunakan 8 Motor di Kp. Dangbet Distrik Beoga dari pukul 09.18 sampai dengan sekarang.

Laporan dari Handy Talky milik koramil diketahui bahwa 1 orang personil dari mereka terkena tembakan bernama Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya S.E. (Kabinda Papua) dan MD di tempat.

“Pada 16.30 tim delta, elang beserta tim dari Dragon KKT 24 orang DPP Lettu Inf Amirudin menuju ke TKP. Saat ini TK Beoga YR 715/Mtl melaksanakan siaga penuh. YR 715/Mtl melaksanakan koordinasi dengan Apkam setempat dan mencari informasi dari suara tembakan tersebut,” sebagaimana tertulis di grup tersebut.

Leave a Reply

  • (not be published)