Waduk Sermo (Foto: Elitha Evinora Tarigan)

KULONPROGO – Tidak banyak yang datang menikmati keindahan Waduk Sermo di Kulon Progo, Jawa Tengah selama dan sebelum pandemi corona merebak di Indonesia.

Waduk Sermo memang sangat berbeda, meski waduk tapi pengunjung yang datang kesini bisa menikmati keindahan bintang dan bulan di malam hari dengan membawa peralatan kemping sendiri.

Tempatnya yang bersih dan terawat membuat area pinggiran Waduk Sermo jadi incaran para penikmat alam. Mereka memasang tenda di pinggiran waduk yang agak jauh dari jalan raya. Tak perlu khawatir akan makan apa saat berada disini. Pelancong diizinkan membawa alat pancing untuk menangkap ikan-ikan yang sengaja di pelihara oleh pengurus waduk.

Di tengah hari, mereka yang datang atau menginap di sekitar waduk juga bisa berwisata dengan sampan yang bisa disewa dengan harga yang terjangkau. Ketenangan air waduk akan membuat suasana sangat romantis dan berbeda.

Hijaunya pepohonan yang mengelilingi waduk memang sangat berbeda. Disini matahari memang terasa cukup terik, tapi jangan khawatir, karena angin semilir dari pepohonan menghasilkan udara dingin yang sangat menyejukkan.

Pemandangan Waduk Sermo juga dapat dilihat dari puncak Kalibiru. Lokasinya cukup jauh dari waduk, namun dari sana pelancong bisa melihatnya betapa luasnya waduk ini dibangun oleh pemerintah. Tujuannya tak lain adalah untuk mengaliri sawah-sawah masyarakat yang berada di beberapa titik di Jawa Tengah.

Datanglah ke Waduk Sermo dan nikmati keindahan dan keramahan alam di tempat ini. Jangan lupa membawa pulang sampah yang anda bawa saat berlibur kesana. Karena saat tiba disana, tim The Editor menemukan sampah-sampah makanan, permen dan lainnya. Semoga pemandangan seperti itu tidak terlihat lagi di masa depan. Selamat menyusun jadwal liburan anda.

Leave a Reply

  • (not be published)