Berbagai varian keju yang disediakan oleh Gundaling Farm Resto (Foto: Elitha Evinora Tarigan/ THE EDITOR

TANAH KARO – Gundaling Farm Resto adalah satu-satunya tempat di dunia dimana Anda dapat menemukan keju dengan rasa andaliman.

Andaliman adalah rempah asli Tanah Karo dengan cita rasa asam dan segar. Nah, andaliman saat digabungkan dengan keju tentu menhasilkan rasa yang bikin penasaran kan.

Hardi adalah chef andalan Gundaling Farm Resto yang menemukan cita rasa keju yang segar dan nikmat ini. Katanya susu yang dipakai untuk menghasilkan keju favorit ini langsung dari peternakan Gundaling Farm Resto sendiri.

“Tidak ada di dunia, hanya ada di Berastagi keju andaliman ini,” ungkapnya kepada The Editor beberapa waktu lalu.

Saat dicoba, rasa keju ini memang berbeda. Di setiap gigitan keju ini Anda akan temukan cita rasa andaliman yang segar dan asam. Tak heran keju ini jadi favorit pengunjung yang datang ke restoran ini.

Pengolahan keju ini juga tak kalah dengan daerah asalnya di Italia. Bongkahan keju berdiameter 30 sampai 45 cm bisa dilihat di lantai dasar restoran ini.

Dengan kata lain, usai diolah dan dibentuk seperti buah pir maka keju-keju sebesar buah semangka ukuran jumbo ini disimpan dalam ruangan bersuhu 10 derajat. Temperatur tersebut akan membantu keju dalam proses fermentasi.

Saat dibelah, Anda akan temukan bulir-bulir andaliman di dalam keju. Disini varian keju tomme jadi bahan utama campuran andaliman. Warna kuning kecokelatan disertai tekstur yang keras membuat keju ini sangat nikmat disajikan dengan dengan wine atau daging panggang saus mushroom. Sangat unik.

Restoran ini menyediakan sendiri keju untuk setiap jenis penganan yang ada dalam menu. Beberapa restoran biasanya mengimpor keju dari luar negeri dan daerah lain agar bisa menjaga cita rasa. Namun tidak dengan tempat ini.

Leave a Reply

  • (not be published)