Gedung ini digunakan sebagai kantor pusat beberapa media massa, apartemen dan kantor swasta. Serangan udara Israel menghancurkan gedung ini pada Sabtu, 15 Mei 2021 (Foto: AP/ Mahmud Hams /Pool Photo. THE EDITOR)

GAZA – Bangunan berwarna biru muda ini dalam AP diketahui sebagai kantor untuk media massa seperti Al Jazeera dan puluhan kantor-kantor serta apartemen warga. Hingga berita ini diturunkan belum diketahui apa alasan gedung ini dihancurkan.

Foto serangan udara Israel yang menggambarkan bahwa lokasi gedung ini berada di kawasan padat penduduk dimana banyak apartemen serupa disekitarnya (Foto: AP/ Hatem Moussa/ THE EDITOR)

Tak lama setelah serangan ke gedung tersebut, karyawan Associated Press (AP) juga langsung mengevakuasi diri. Kantor organisasi AP yang berada di wilayah Gaza ini langsung dikosongkan.

Karyawan AP terlihat membawa semua keperluan jurnalistik mereka seperti kamera dan penangkap suara sembari mengenakan helm. Sebagian dari mereka keluar dari gedung dengan menggunakan lift dan sebagian lagi dengan tangga darurat.

Sementara itu, beberapa gedung di Gaza juga rusak parah setelah serangan udara yang dilancarkan oleh Israel pada Sabtu, 15 Meu 2021 waktu setempat. Dari serangan tersebut diketahui 10 anggota dari Abu Hatab Adidi dinyatakan meninggal dunia.

Dari video yang dilansir oleh AP, diketahu wilayah Gaza yang jadi target serangan udara kali ini dipenuhi oleh gedung-gedung apartemen. Kawasan tersebut juga terlihat sangat ramai dan padat.

Dari titik asal serangan udara yang tertangkap oleh kamera jurnalis AP, Hatem Moussa, diketahui bahwa area target kali ini adalah rumah-rumah penduduk golongan menengah.

AP sendiri telah menggunakan bagian atas gedung tersebut sebagai kantor selama 15 tahun. Gedung tersebut dianggap paling strategis untuk memantau konflik antara Israel dan para pemimpin Hamas.

Leave a Reply

  • (not be published)