Kerang Hijau (WikiHow)

JAKARTA – Kerang hijau hanya bertahan selama 4 hari di luar habitatnya, lautan. Jadi, bila disimpan lebih dari itu mka kondisinya akan membusuk dan mengeluarkan bau tidak sedap. Pastikan selalu bertanya kepada penjual usia kerang hijau ini sejak dipanen. Tujuannya agar Anda tidak keracunan dan rugi karena membeli kerang hijau busuk.

Saat berada di pasar, pastikan selalu membeli kerang hijau yang disimpan di atas atau di dalam es. Hanya cara seperti itu agar daging kerang tetap bertahan dari serangan cuaca panas.

Kecuali kerang hijau saat masuk hidup langsung dibekukan dan dikupas. Jika cangkangnya tertutup rapat saat belum dimasak artinya kerangnya masih hidup. Tapi jika cangkangnya terbuka dan tidak menutup saat diketuk maka segera buang karena sudah mengalami proses pembusukan. Dan jangan lupa segera buang semua kerang yang cangkangnya ditemukan dalam kondisi pecah.

Cara Menyiapkan Kerang Hijau Ala Recipe Tips:

Kerang hijau yang baru dibeli dari pasar harus dibersihkan dari pasir. Rendam kerang dalam ember berisi air laut atau bila tidak ada cukup siapkan 1 cangkir garam dicampur dengan 3 liter air.

Tambahkan segenggam tepung jagung ke dalam air untuk membersihkan perut kerang dari pasir. Rendam dalam lemari es selama beberapa jam atau semalaman, ganti air setidaknya sekali. Jangan gunakan air tawar karena akan membunuh kerang.

Jika Anda tidak akan segera memasak kerang, bersihkan cangkang dengan sikat dapur, taruh di mangkuk, tutup mangkuk dengan handuk lembab dan dinginkan. Kerang dapat disimpan selama 2 hingga 3 hari, namun paling baik jika dimasak secepat mungkin. Kerang hijau kupas yang belum dimasak dapat disimpan dalam air atau minuman beralkohol, ditutup dan didinginkan hingga 2 hari.

Jika Anda memasak kerang di dalam cangkang, jangan buka dan keluarkan kerang dari cangkangnya. Cuci kerang dengan sikat dapur kaku sambil menyiramnya dengan air dingin mengalir dan buang bagian jenggot kerang.

Jangan Pernah Makan Kerang Yang Cangkangnya Tidak Terbuka Setelah Dimasak

Sebelum Anda mulai memasak, dinginkan terlebih dahulu kerang freezer selama satu jam atau lebih agar lebih mudah dibuka. Saat Anda mengeluarkan kerang dari freezer, Anda mungkin perlu mendiamkannya selama beberapa menit sebelum Anda dapat memasukkan pisau kerang ke dalam lubangnya.

Cara memasak kerang hijau:

1. Gosok cangkang dengan sikat dapur yang kaku dan bilas dengan air dingin yang mengalir. Jika ada bagian cangkang yang bergerigi atau benda asing yang menempel maka gunakan pisau pengupas untuk mengikisnya.

2. Jenggot kerang hijau harus dilepas dan dibuang. Kerang hijau yang masih segar akan mudah dilepas saat ditarik.

3. Untuk membuka kerang, terlebih dahulu potong otot-otot engsel yang mengikat kuat agar kerang tetap tertutup. Masukkan pisau secara perlahan. Gunakan handuk untuk melindungi tangan Anda bila dirasa perlu.

4. Buka cangkangnya. Selipkan pisau di antara cangkang kerang. Kerang sekarang siap dimasak. Meskipun kerang terkadang dimakan mentah, namun untuk jenis kerang hijau yang dihasilkan dari perairan Jakarta harus selalu dimasak.

 

Leave a Reply

  • (not be published)