Dapur salah satu restoran di Kota Asisi, Italia (Foto: Elitha Evinora Tarigan/ THE EDITOR)

ITALIA – Berkat sejarah yang kaya dan kelimpahan hasil bumi segar, Romawi mampu menghasilkan salah satu masakan yang paling dicintai di dunia. Beberapa diantaranya adalah gnocchi, artichoke, saltimbocca, atau maritozzo manis.

Pasta adalah makanan pokok Italia, dan tentu saja juga merupakan masakan Romawi. Di seluruh restoran di Italia, anda akan menemukan pasta sebagai menu utama mereka. Jadi, sebelum memesan, baiknya anda tahu dan paham terlebih dahulu pasta favorit anda supaya tidak salah pilih. Atau menikmati kuliner pasta dari satu tempat ke tempat lainnya. Ada 4 pasta otentik khas Romawi, diantaranya Carbonara, Amatriciana, Cacio e pepe dan Gricia.

Gnocchi ditemukan dalam berbagai variasi di seluruh Italia. Bangsa Romawi memiliki versinya sendiri soal makanan ini, mereka menyebutnya gnocchi alla romana. Gnocchi di Roma sedikit berbeda dari versi berbasis kentang lainnya karena orang Romawi menyiapkan gnocchi mereka dengan semolina (gandum durum).

Bruschetta merupakan hidangan pembuka terbaik di Italia dan umum disajikan di restoran dan tempat makan pada umumnya. Siapa yang tidak suka memulai hidangan terkenal dengan roti panggang segar, ditaburi minyak zaitun gurih dan sarat dengan berbagai jenis topping? Ini termasuk antipasto klasik sepanjang masa dari tomat segar yang dipotong dadu kemudian ditaburi potongan keju mozzarella dan daun kemangi segar. Hidangan ini memang berasal dari Tuscany, namun di Roma makanan ini hanya disajikan di restoran mewah saja.

Minestrone, carciofi alla giudia, dan hidangan tradisional Romawi lainnya. Ada begitu banyak hidangan lain yang terlintas dalam pikiran saya ketika berbicara tentang masakan tradisional Romawi. Anda tidak akan menemukan semuanya di daftar menu restoran saat berada di sana.

Hidangan andalan sederhana ini adalah contoh dari beberapa hidangan lezat yang dibuat di rumah oleh orang Romawi dengan bahan pokok yang didapatkan dari dapur mereka Di Roma, menu makanan baru bisa diciptakan saat anda berada di dapur karena semua bumbu berasal dari sana dan lengkap.

Leave a Reply

  • (not be published)