Menikmati es krim gelato di toko Cannoli Siciliana di Roma, Italia (Fotografer: Elitha Evinora Tarigan/ THE EDITOR)

ROMA – Apalah arti Italia tanpa gelato? Kebanyakan orang tahunya Italia itu terkenal hanya karena pizzanya. Namun sedikit diantaranya yang tahu kalau Italia sangat terkenal dengan es krim gelatonya. Kenapa?

Karena tak ada tempat diseluruh Italia yang tidak memiliki toko es krim. Terutama di Roma dan Vatican. Di kedua tempat ini jajanan gelato dipajang sejajar dengan santapan wine dan minuman mahal lainnya.

Es krim gelato di Roma memang sangat luar biasa enak dan sehat. Rasa gelato di Roma juga sangat berbeda dengan di Indonesia karena kebanyakan diantaranya menggunakan bahan – bahan alami jadi sangat aman dikonsumsi di saat musim dingin.

Di kota ini es krim gelato dibuat langsung dari buah-buahan jadi rasanya seperti memakan buah yang dibekukan. Dengan kata lain bahannya memang tidak mengandung lemak sama sekali seperti es krim pada umumnya.

Saya sampai menyipitkan mata saat mencoba es krim rasa buah cherry yang baru saya beli di Cannoli Siciliani. Saya juga mencoba es krim gelato rasa vanila untuk menetralisir rasa asam yang menyengat di lidah dan mulut.

Harga yang perlu dibayar untuk paduan dua skup es krim gelato dan sekeping kue kering rasa cinamon adalah 2 euro saja. Untuk menemukan toko ini juga cukup mudah, tinggal datang ke Trevi Fountain atau air mancur yang sangat legendaris di Roma, Italia. Anda akan segera menemukan toko ini tepat disamping kolam yang selalu ramai dikunjungi oleh turis dari berbagai negara.

Jumlah toko penjual es krim gelato di Kota Roma lebih banyak dari gereja. Tak hanya membuka gerai berdesain modern minimalis, penjual gelato juga memanfaatkan banyak gedung tua yang bertebaran di kota ini. Beberapa rasa es krim klasik yang tetap jadi favorit di Roma adalah cokelat, hazelnut, stracciatella dan krim.

Sementara itu di era modern ini beberapa rasa varias yang juga disukai adalah tiramisu, yoghurt, melon, karamel and labu. Semuanya harus dicoba saat berkunjung Italia, negara yang juga terkenal dengan pemain sepak bolanya.

Salah satu toko es krim gelato di pinggir Kota Roma, Italia dan berdekatan dengan Basilica Santo Petrus di Vatikan Fotog: Elitha Evinora Tarigan/ THE EDITOR)

Tiramisu

Selain es krim gelato, Kota Roma juga terkenal dengan kue tiramisunya. Roma adalah rumah bagi toko roti, toko pastri dan gelato yang menjual cemilan dan manisan terbaik di Italia. Jadi, bila anda sangat ingin mencoba makanan yang manis-manis seperti tiramisu, cobalah ikut tur yang khusus membawa anda ke semua restoran dan toko kue terbaik di Vatican dan Roma.

Tiramisu misalnya, meskipun klasik namun kue ini banyak peminatnya di Italia. Makanan penutup yang didinginkan ini terdiri dari biskuit savoiardi yang dicelupkan ke dalam kopi yang kemudian dilapisi dengan keju krim mascarpone yang lezat di kedua sisi dan ditaburi bubuk cokelat dari atas. Tiramisu sekarang banyak ditemukan di semua menu di Italia dan disajikan di hampir setiap restoran di Roma.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu warga Italia merayakan selesainya masa lockdown dengan makan es krim gelato sepuasnya. Dilansir dari AFP, masyarakat Italia menikmati gelato yang tersebar diseluruh penjuru negeri.

Terdapat sekitar 39.000 toko gelato yang mempekerjakan 150.000 orang yang mampu meraup penjualan hingga 2,8 miliar Euro atau setara dengan Rp45 triliun per tahun. Kelompok pertanian Coldiretti dalam keterangannya mengatakan sangat lega setelah putus asa selama berbulan-bulan akibat pandemi corona.

Diketahui juga bahwa 240 ton es krim terjual Maret 2020 lalu di Roma dan garis pantai Lazio. Es krim come sendiri lebih banyak peminatnya di perkotaan dan di resort pinggir laut.

Suhu Italia yang meningkat dan memecahkan rekor terpanas sejak tahun 1880 ini ternyata menarik minat para pembeli untuk menikmati es krim. 94 persen orang Italia rutin makan es krim dimana 7 dari 10 orang dari mereka kebih suka makan es krim bertumpuk dibalut cone dari pada memakai wadah kecil dari plastik.

Leave a Reply

  • (not be published)