ITALIA – Deretan mobil mini berbagai warna terparkir di jalanan Kota Roma, Italia. Sejenak saya berpikir bagaimana cara orang Italia nyetir di dalam mobil sekecil itu sementara tubuh mereka sangat tinggi dan besar.

Salah satu mobil mini yang parkir di jalanan Kota Roma, Italia Foto: Elitha Evinora Tarigan)

Italia adalah sebuah negara dengan kekuatan ekonomi yang tak perlu diragukan lagi di dunia. Italia memiliki ekonomi terbesar ketiga di Zona Euro dan kedelapan terbesar di dunia. Memiliki tingkat perkembangan manusia yang sangat tinggi dan berada di peringkat ke-6 dunia yang memiliki masyarakat dengan harapan hidup tinggi. Negara ini berperan penting dalam urusan ekonomi, militer, budaya dan diplomatik regional maupun global, dan merupakan yang paling banyak, dan merupakan negara yang paling banyak dikunjungi kelima di dunia.

Dari sekian banyak kehebatan negara ini, adakah kemungkinan mereka tidak mampu membeli mobil SUV atau mobil sport sebagaimana Jepang? Mobil di jaman ini dijadikan sebagai simbol bagi banyak orang untuk menunjukkan kehebatan keuangan mereka. Tapi tidak untuk orang Italia.

Bicara tentang ekonomi, banyak negara besar yang justru memiliki gaya hidup yang sama dengan kekuatan ekonominya. Jepang misalnya. Di negara ini mobil sport seperti Lamborghini, Ferrari dan BMW wara wiri bak kacang goreng di jalan raya mereka yang bebas macet. Nah, Italia kenapa justru mobil mini?

Pada umumnya, alasan mengapa pemerintah Italia mengatur ketat tentang mobil yang bisa dibeli oleh warganya karena ukuran negaranya yang kecil. Aturan ini lumrah terjadi di beberapa negara di Eropa. Mobil dan motor yang paling umum ditemukan saat parkir di pinggiran jalanan Kota Roma adalah Fiat 500, Assorted Mopeds and Scooters. Mobil-mobil ini memang di desain untuk melintas di jalanan kota yang kecil.

Selain itu, warga Italia sangat tergila-gila dengan kecepatan. Semakin kecil mobil yang dikendarai maka semakin mudah untuk dikendalikan dengan cepat, setidaknya itu yang dipikirkan oleh tiap warga yang tinggal disana. Saya sarankan untuk hati-hati saat menyeberang jalan karena mobil pribadi, taksi dan trem beradu kecepatan di jalan raya. Anda dengan mudah akan melihat mobil kecil vintage dipacu dengan kecepatan tinggi di jalur trem saat jalan-jalan di Kota Roma.

Selain karena tarif pajak dan parkir yang tinggi, pemerintah Italia juga mematok tinggi harga bahan bakar. Jadi, warga Italia selalu memperhatikan ukuran tangki kendaraan yang akan mereka beli karena berpengaruh pada beban ekonomi yang akan mereka tanggung.

Leave a Reply

  • (not be published)