Siti Atikoh Supriyanti, Istri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tengah memanggul sepeda gunung miliknya saat menyebrang titi jembatan (Sumber Foto: Instagram @atikoh.s)

JAKARTA – “Karena perempuan strong itu bukan hanya yang kuat ngangkat galon air sendiri, tapi dia juga harus siap manggul sepeda dengan happy,” demikian dikatakan oleh Siti Atikoh Supriyanti lewat akun Instagramnya di @atikoh.s.

Dalam foto yang diunggah pada Sabtu (18/7) kemarin, tampak wanita yang sangat suka bermain olah raga sepeda ini memanggul sepeda yang Ia bawa memutari Kecamatan Mijen, Semarang. Terlihat sekali bila istri dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ini memang rajin berolahraga, sepeda yang demikian berat dipanggul dengan mudah olehnya saat melewati titi jembatan di persawahan.

Suami Atikoh, Ganjar Pranowo juga terlihat menemaninya saat berolahraga. Keduanya tak canggung memamerkan romansa saat berfoto bersama. Dari setiap foto dan aktivitas Atikoh terlihat Ia tengah menunjukkan bahwa berhijab tak menghalangi wanita untuk tetap tampil prima dalam berolahraga.

Saat bersepeda, Atikoh juga mematuhi aturan dengan tidak mengenakan masker. Ia mengayuh sepeda dengan rombongan menelusuri hutan-hutan rimba di daerah Palir, Mijen, Semarang. Sebagaimana diketahui, menggunakan masker saat berolahraga sangat berbahaya untuk kerja jantung.

Dalam pembicaraannya dengan netijen di akun Instagramnya, diketahui bahwa Atikoh sangat suka menggunakan sepeda balap atau road bike dengan syarat medan yang dilalui tidak berbatu atau berpasir. Sepeda balap atau road bike merupakan moda transportasi yang banyak disukai karena menyehatkan dan ramah lingkungan. Namun, dalam keseharainnya, Atikoh mengaku juga sangat suka menggunakan sepeda lipat (Seli) dan sepeda gunung (MTB).

Sepeda gunung adalah sepeda yang digunakan dalam medan yang berat. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1970, oleh pengguna sepeda di perbukitan San Fransisco. Ketika pertama kali dipamerkan pada New York Bike Show pada tahun 1981, penemu sepeda gunung mengatakan bahwa sepeda jenis ini tidak akan pernah populer. Kenyataannya 80% sepeda yang terjual di Amerika Serikat adalah jenis ini. Sepeda gunung adalah jenis sepeda yang pertama kali dinaiki sampai ke puncak gunung Kilimanjaro, titik tertinggi di benua Afrika, 5.895 meter.

Sepeda lipat adalah jenis sepeda yang dapat dilipat. Sepeda lipat memiliki engsel pada rangkanya sehingga bisa dilipat menjadi lebih ringkas. Karena itu sepeda lipat bisa dibawa ke dalam angkutan umum, disimpan di apartemen ataupun kantor di mana sepeda biasa dengan ukuran yang besar tidak diizinkan. Sepeda lipat mulai populer di Indonesia sejak maraknya komunitas pekerja bersepeda.

Artikel lain yang berkaitan dengan dunia olahraga dan kesehatan juga bisa di klik di https://theeditor.co.id/olahraga-sambil-pakai-masker-sangat-berbahaya-bagi-jantung/

Leave a Reply

  • (not be published)