BOSNIA – Ini adalah pemandangan kota Sarajevo di siang hari saat musim dingin. Sepintas mirip kota besar lainnya di Indonesia.

Pemandangan Kota Sarajevo (Fotografer – Elitha Evinora Tarigan)

Bedanya masjid di kota ini dibangun dengan gaya pemerintahan Ottoman, seperti kastil. Tips saat berkunjung ke Sarajevo adalah usahakan tinggal di hotel dekat kota tua karena pusat Kota Sarajevo adalah di kawasan tersebut.

Jangan lupa berkunjung ke Little Jerusalem. Meskipun negara Islam tapi di kota ini anda bisa menemukan situs yang menawarkan suasana berbeda.

Di kota bersejarah ini kaum atheis, orang Kroasia, Orang Bosnia dan orang Serbia tinggal dalam sebuah komunitas. Di jamannya mereka berjuang mempertahankan perdamaian Bosnia dari serangan kelompok yang kontra terhadap perdamaian di Sarajevo.

Anda perokok? santai saja. Anda dapat temukan cafe yang menawarkan jasa penjualan rokok. Karena tak hanya pria, kaum wanita di Sarajevo terbiasa memamerkan gaya hidup merokok. Cafe yang menawarkan jasa penjualan rokok dapat anda temui di setiap sudut kota tua Sarajevo dan mereka banyak yang aktif hingga malam hari.

Tinggalkan sejenak hingar bingar kota tua dan berkunjunglah ke Yellow Bastion, kawasan puncak di Sarajevo. Anda memang harus berkendara keluar kawasan kota tua untuk mencapai tempat ini tapi tidak begitu jauh. Momen paling tepat menuju kesana adalah saat matahari terbit atau tenggelam.

Pemandangan dari puncak Yellow Bastion sangat memukau terutama saat musim dingin karena hamparan salju terlihat diseluruh kota. Perhatikan aturan saat berada di Yellow Bastion. Disaat tertentu pengunjung diminta untuk tidak membawa benda tajam, senjata dan alkohol di pintu masuk terutama saat Ramadan.

Leave a Reply

  • (not be published)