BOSNIA – Pemandangan dari atas Jembatan Tua Mostar, Bosnia. Hijaunya air Sungai Neretva di musim dingin bisa anda nikmati saat berkunjung di musim dingin.

Fotografer: Elitha Evinora Tarigan

Menurut penduduk setempat terkadang ada saja turis yang ingin menikmati hiburan dengan cara melompat dari atas jembatan setinggi 10 meter ini. Tapi aksi semacam itu tidak disarankan saat arus air deras. Foto di bawah diambil pagi hari saat musim dingin sekitar pukul 08.52 waktu setempat. Saat musim panas anda bisa nikmati wisata air seperti arung jeram dan kayak.

Dari atas jembatan anda bisa menikmati pemandangan rumah warga yang dicat warna warni dan berjejer di sepanjang pinggir sungai. Sangat menarik perhatian karena tidak ada yang tahu bila disini dulunya adalah area pertempuran selama Perang Yugoslavia. Disepanjang sungai juga tidak terlihat bekas perang jaman dahulu. Semua orang tahu dahulu kala kerap ditemukan korban pembunuhan yang mengapung diatas sungai. Berbeda dengan sekarang, inilah Bosnia baru, Bosnia yang damai dan tenang.

Tips saat berkunjung ke tempat ini adalah agar tetap menjaga barang pribadi karena cukup banyak pengemis yang anda akan temui di sepanjang jalan. Mereka biasanya sedikit memaksa agar turis mau memberikan uang.

Termasuk untuk tour guide lokal yang menawarkan diri kepada anda pun harus diselidiki. Lebih baik menyewa jasa tour guide resmi yang biasanya dapat ditemukan dibeberapa titik wisata. Anda juga harus hati-hati saat lewat diatas jembatan karena lantai marmer dilokasi cukup licin saat terpapar hujan. Tak jauh dari jembatan anda bisa melihat berbagai macam peninggalan Perang Yugoslavia seperti penjara, gudang, rumah dan lain sebagainya.

Leave a Reply

  • (not be published)