Easy Card (Foto: THE EDITOR)

TAIWAN – Easy Card diluncurkan pada tahun 2002 sebagai kartu penyimpanan dana untuk memudahkan orang-orang yang ingin naik MRT di Taipei. Masyarakat hanya perlu menyimpan dana di kartu ini terlebih dahulu. Ini menghemat waktu yang diperlukan untuk membeli tiket satu arah setiap kali naik MRT.

Karena jumlah stasiun MRT Taipei terus meningkat (saat ini terdapat lebih dari 130 stasiun), maka MRT telah menjadi alat transportasi yang sangat dibutuhkan bagi masyarakat di Taipei, dan proporsi pemegang kartu ini juga meningkat pesat.

Demi menarik lebih banyak orang, Perusahaan pencetak kartu ini secara aktif mempromosikan lebih banyak item yang dapat dibayar melalui kartu tersebut, seperti kereta api, taksi, toko serba ada, restoran, dan sebagainya.

Jangkauan pembayaran juga sudah meluas ke seluruh penjuru Taiwan, sehingga kartu ini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat Taiwan.

Seberapa nyaman Easy Card ini?

Selain untuk membayar tarif MRT di seluruh Taiwan, kartu ini juga dapat digunakan untuk naik bus, kereta api, kereta berkecepatan tinggi, dan kapal feri, juga untuk membayar tarif taksi, U-bike (penyewaan sepeda) dan penyewaan skuter listrik.

Selain itu, parkir di jalanan dan gedung parkir juga dapat dibayar dengan kartu yang sama. Begitu juga minimarket, apotek, pusat perbelanjaan, pusat perbelanjaan, toko makanan cepat saji, cafe, supermarket, toko buku dan bioskop di seluruh Taiwan juga dapat menggunakan kartu untuk pembayaran.

Bahkan tiket masuk ke kebun binatang, museum, gedung konser, dan biaya rawat. Kartu ini juga bisa digunakan untuk meminjam dan mengembalikan buku di perpustakaan umum di Taiwan!

Menurut Anda, apakah bentuk dari kartu hanya berupa seperti kartu kredit? maka Anda salah. Karena teknologi induksi RFID yang diadopsi membuat kartu ini tidak perlu tampilan berbentuk kartu.

Sebagai contoh, ponsel pintar yang biasa dimiliki oleh masyarakat modern, selama menggunakan kartu SIM dari ponsel yang memiliki fungsi NFC, bisa menggunakan fungsi dari kartu, sehingga Anda akan melihat banyak orang di Taiwan menggunakan ponsel untuk melakukan pembayaran.

Banyak perusahaan bahkan telah memperkecil produk terlaris mereka menjadi seukuran gantungan kunci dan built-in kartu yang memikat banyak orang untuk membelinya sebagai koleksi. Saat Anda di Taiwan melihat seseorang memegang botol kecap atau mi instan ukuran mini untuk melakukan pembayaran, tidak perlu terkejut!

Kartu ini pada dasarnya adalah kartu penyimpanan dana, masyarakat perlu mengisi dana terlebih dahulu sebelum berbelanja. Cara mengisi ulang dana juga sangat sederhana, bisa mengisi ulang dana di minimarket di seluruh Taiwan.

Terkadang masyarakat modern sering lupa untuk mengisi dana, kartu ini juga bisa dikoneksikan dengan rekening bank, atau bekerja sama dengan pihak bank untuk meluncurkan kartu kredit yang memiliki fungsi yang sama.

Asalkan konsumen mengaktifkan fungsi isi ulang otomatis terlebih dahulu, saat berbelanja apabila saldo kartu tidak mencukupi, maka perusahaan penyedia akan otomatis menambah dana dan menyelesaikan perbelanjaan, tidak perlu khawatir akan dilema tidak bisa melakukan pembayaran hingga terjadi “stuck”.

Selain itu, juga terdapat berbagai promo diskon bila menggunakan kartu ini untuk menggunakan berbagai alat transportasi atau berbelanja. Banyak kota menggunakan kartu yang sama untuk menyewa Ubike dengan promo satu jam pertama gratis.

Leave a Reply

  • (not be published)