Lapangan Santo Petrus dengan latar belakang Basilika Santo Petrus dan Pantheon (Foto: Elitha Evinora Tarigan)

ITALIA – Banyak orang yang tidak tahu kalau jam buka Basilika Santo Petrus yang berada di Vatikan sangat terbatas. Jadi, bila salah mengatur waktu maka Anda tidak akan bisa menikmati setiap sudut ruangan serta perpustakaan gereja yang menjadi salah satu tempat yang paling dituju di dunia.

Orang Italia sangat mencintai kehidupan. Jadi, pusat perbelanjaan dan tempat-tempat wisata di negara ini dinyatakan tutup dan sepi d jam 08.00 malam. Jadi sangat perlu untuk mengetahui budaya kerja mereka karena jam-jam kerja mereka sangat terbatas.

Nah, Basilika Santo Petrus berbeda, jadwal masuk ke bagian-bagian gereja ini tidak sama. Basilika sendiri buka dari pukul 07.00 di pagi hari. Namun, bagian tengah akan ditutup selama 90 menit karena digunakan untuk Doa Angelus. Bila Anda seorang turis non Katolik, maka jadwal ini perlu Anda catat supaya tidak kecewa. Tapi usai doa, maka tempat tersebut akan dibuka kembali untuk umum.

Di musim panas, Basilika Santo Petrus buka dari pukul 07.00 sampai 07.00 sore hari. Dan di musim semi akan dibuka dari pukul 07.00 pagi sampai pukul 06.30 sore hari. Basilika tidak bisa dimasuki di Hari Rabu pagi karena Paus tengah melakukan Doa Angelus di gereja ini.

Basilika ini akan tutup di waktu-waktu tertentu terutama saat ada perayaan. Biasanya untuk masuk akan dikenakan tiket sesuai dengan perhelatan yang tengah dirayakan. Untuk mengetahui jadwal kunjungan yang diizinkan untuk masuk ke Basilika di tahun 2021 maka silahkan klik di Basilika Santo Petrus.

Tata Cara Berpakaian

Untuk masuk ke dalam Basilika, Anda diharuskan memakai pakaian lengan panjang dengan bawahan tertutup hingga lutut. Dan, Anda juga harus memakai sepatu tertutup. Aturan ini juga berlaku untuk anak-anak. Biasanya ada petugas yang akan memberi tahu di pintu masuk Basilika tentang tata cara berpakaian. Mereka akan langsung memberi tahu Anda bila pakaian yang Anda kenakan tidak masuk kategori aturan gereja.

Hindari membawa tas berukuran besar saat masuk ke dalam Basilika karena pihak keamanan akan langsung memanggil dan menegur. Bawalah tas yang ringan yang cukup membuat Anda bergerak fleksibel menjelajahi Basilika yang penuh warna.

Bisa Sewa Jasa Tour Guide

Masuk ke dalam Basilika Santo Petrus tanpa mengetahui sejarah penting di dalamnya tentu kurang sempurna. Anda bisa menyewa jasa tour guide yang bisa ditemukan dari berbagai situs-situs online.

Antri Masuk

Antrian panjang hingga ke luar Lapangan Santo Petrus sudah jadi pemandangan biasa. Karena untuk bisa masuk ke dalam Basilika pihak keamanan memeriksa secara detail barang bawaan Anda. Jadi, Anda harus datang lebih pagi agar tidak perlu mengantri panjang.

Sedikit info, antrian panjang ini terjadi setiap saat. Pastikan Anda tahu cara bersenang-senang saat antrian panjang masuk ke Basilika belum tiba di giliran Anda.

Masuk Ke Kubah Basilika Santo Petrus

Kubah Basilika ini bisa dikunjungi pukul 08.00 pagi sampai pukul 06.00 di saat masuim panas. Namun di musim dingin akan dibuka dari pukul 08.00 sampai pukul 05.00. Anda diwajibkan membayar tiket untuk masuk ke area kubah. 10 euro bila naik elevator ke kubah, 8 euro bila berjalan kaki dan 5 euro per orang bila masuk degan rombongan.

Leave a Reply

  • (not be published)