Konsumen dari desa lain langsung datang membeli tembakau ke Desa Batukarang (Foto: Elitha Evinora Tarigan/ THE EDITOR)

Konsumen dari desa lain langsung datang membeli tembakau ke Desa Batukarang (Foto: Elitha Evinora Tarigan/ THE EDITOR)

TANAH KARO – Petani tembakau di Desa Batu Karang, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo rata-rata menjemur hasil irisan tembakau mereka di halaman rumah. Pemandangan seperti ini sangat menghibur terutama anda yang berasal dari perkotaan. Kuningnya suntil, tembakau kering yang biasa di makan dengan sirih dapat ditemukan sepanjang jalan.

Anda juga bisa langsung membeli tembakau disini bila sedang beruntung. Karena biasanya setiap pagi petani tembakau sudah mengantarkan suntil yang siap dikonsumsi ke pasar. Silahkan mencoba tembakau hasil olahan warga di Desa Batu Karang ini. Karena mereka dengan ramah akan menyambut setiap pengunjung yang singgah di rumah mereka.

Tidak hanya warga keturunan dari Suku Karo yang menjadi petani tembakau di Desa Batu Karang ini. Karena saat tim The Editor datang, petani tembakau yang kami temui ternyata berasal dari Pulau Jawa.

Logat Jawa sangat kental terdengar meski mereka bicara dalam Bahasa Karo. Karena tembakau kering siap konsumsi kosong, mereka justru memberikan tembakau kering yang tengah dijemur.

“Nanti tinggal diembunkan di rumah,” Kata Mamak Ferdi, salah satu petani tembakau Desa Batu Karang yang kami temui.

Leave a Reply

  • (not be published)