Foto: Ksenia untuk The Editor

CRIMEA – botol-botol ini sengaja dipajang agar memudahkan pengunjung mengetahui jenis anggur apa saja yang pernah diproduksi oleh kilang ini sejak tahun 1890-an.

Terowongan penyimpanan anggur di kilang ini berada di pegunungan granit yang mampu menjaga suhu anggur tetap dingin saat disimpan di tong-tong kayu dari Pohon Ek.

Baca Juga: Berkunjung Ke Kilang Anggur Massandra, Penghasil Wine Tertua Di Dunia

Kilang Massandra memproduksi sekitar satu juta peti angur per tahun. Sebagian besar penjualan anggur ini dilakukan di Rusia karena dilarang untuk diekspor ke dunia barat.

Tahun 2014 manajemen pengelolaan kilang ini dikembalikan ke pemerintah Rusia oleh Pemerintah Ukrania. Dari sana akhirnya semua orang mulai bisa menikmati anggur ini diseluruh dunia.

Meski demikian, tur di kawasan kilang ini hanya menggunakan Bahasa Rusia. Jadi, bila ingin berkunjung kemari maka membawa penerjemah sangat direkomendasikan.

Anggur yang pernah melegenda hasil produksi kilang ini adalah Massandra White Muscat 1983, Massandra Kokur Surozh 1971, Massandra White Muscat Livadia 1964, Massandra White Muscat 1959, Massandra Pinot Gris 1949, Massandra Kagor Ayu Dag (red) 1939 dan Massandra Tokay Al-Danil 1894.

Leave a Reply

  • (not be published)