Shakshuka, salah satu makanan favorit orang Israel berbahan dasar tomat dan telur (Foto: A Broken Back Pack)

ISRAEL – Apa yang membuat makanan Israel begitu istimewa?

Melissa Giroux dari A Broken Back Pack mengatakan bahwa alasan makanan Israel sangat istimewa karena merupakan perpaduan antara masakan Timur Tengah dan Mediterania.

“Jika Anda menambahkan faktor Internasional ke dalamnya ya karena budayanya cukup beragam dan orang-orang datang dari mana-mana dan anda mendapatkan banyak hidangan Israel yang enak,” ungkapnya saat berkunjung pada 4 Maret 2021 kemarin.

Jadi, apa saja yang perlu anda coba saat berkunjung ke Israel?

1. Hummus

Kalau boleh jujur, lanjut Melissa, saya tidak pernah menjadi penggemar Hummus sampai saya mengunjungi Israel. “Saya akhirnya mulai menyukainya dan saya tidak dapat menemukan Hummus sebagus yang saya makan selama disana,” katanya lagi.

Hummus berbahan dari kacang arab yang dihaluskan. Di Israel, mereka menambahkan topping seperti paprika, jus lemon, minyak zaitun, peterseli dan lain-lain.

2. Baba Ganoush

Baba ganoush agak mirip dengan Hummus. Makanan ini adalah saus terung panggang yang lembut dan biasanya ditemani oleh roti pita.

Baba ganoush adalah makanan pembuka dan bisa dicampur dengan makanan lainnya. Jika anda suka Hummus, maka Baba ganoush juga pasti suka karena bentuknya sama namun dengan rasa yang berbeda.

3. Shakshuka

Shakshuka adalah salah satu hidangan terbaik di Israel. Makanan ini sangat populer di Timur Tengah, sulit untuk mengetahui siapa yang benar-benar menemukan makanan ini karena hampir semua orang di Timur Tengah mengklaimnya.

Meskipun demikian, itu tidak mengubah fakta bahwa Anda dapat menemukan beberapa shakshuka yang enak di Israel. Shakshuka pada dasarnya adalah saus tomat dengan telur rebus. Kedengarannya sangat sederhana, tapi sebenarnya enak. Anda dapat menemukan banyak restoran yang khusus menjual Shakshuka di Tel Aviv.

4. Falafels

Falafels cukup populer dan dikenal di seluruh dunia. Falafels adalah buncis yang dibentuk bulat seperti bakso dan digoreng.

Falafels adalah makanan vegetarian, anda yang sedang diet pasti senang menjadikan makanan ini sebagai makanan disepanjang perjalanan di Israel karena sangat sehat. Falafels dijual disemua tempat di Israel, jadi sangat mudah ditemukan.

5. Tahini

Tahini adalah bumbu Israel yang populer. Pada dasarnya, orang Israel makan tahini dengan hampir semua jenis makanan. Anda dapat mencelupkan falafels Anda ke dalam tahini, menambahkannya ke Hummus favorit Anda, atau cukup menyeka pita Anda ke dalamnya.

Tahini pada dasarnya adalah saus yang terbuat dari biji wijen yang dihancurkan (seperti pasta kental), jus lemon, bawang putih dan air.

6. Daun Anggur yang Diisi Makanan

Meskipun ini terdengar agak aneh, namun makanan ini cukup populer di kalangan orang Israel. Hidangan ini juga populer di Yunani, Turki dan banyak negara di Timur Tengah. Daun anggur bisa diisi dengan keju atau bahan lainnya, tergantung dari mana Anda mendapatkannya.

7. Burekas

Burekas cukup populer di Israel dan di Turki. Camilan yang sangat enak INI mudah ditemukan di pasar. Kue-kue ini diisi dengan berbagai hal seperti keju, bayam atau ubi. Biasanya disajikan dengan telur rebus dan saus. Anda dapat menemukan yang sangat bagus di Pasar Carmel dan Pasar Levinsky di Tel Aviv.

8. Halva

Halva adalah makanan penutup yang sangat populer di Timur Tengah dan Afrika Utara. Saat Anda berjalan-jalan di pasar jangan heran jika melihat kue krim besar ini di semua tempat.

Halva biasanya terbuat dari pasta wijen, tahini dan bahan lainnya untuk membuatnya manis. Makanan ini sangat disukai oleh orang Israel.

9. Burika

Saat Anda berjalan-jalan di pasar, Anda mungkin mendengar beberapa orang berteriak “Burika”. Artinya, Anda harus mencoba salah satu jajanan kaki lima yang populer di Israel. Ini jelas bukan pilihan yang paling sehat karena berisi adonan yang berisi telur, kentang dan lainnya.

10. Malabi

Puding yang terlihat sangat sederhana ini benar-benar enak.Pudingnya diberi air mawar, kacang-kacangan, kelapa, dan remahan kue. Ini mungkin sederhana tetapi kombinasi yang sangat lezat.

Leave a Reply

  • (not be published)