INDIA – Chai tea atau Masala tea adalah minuman khas asal India yang mustahil dilewatkan bila sedang berkunjung ke negara ini. Uniknya, menikmati chai tea di India tak perlu membayar semahal harga di kafe. Mendapatkannya pun sangat mudah, penjual minuman ini tersebar diseluruh tempat di India.

Teh susu yang dibeli di pinggir jalan, tidak jauh dari Stasiun Agra, Delhi, India (Fotografer: Dilla Sausan)

“Rasanya tidak kalah dengan chai tea di kafe,” ujar Dilla Sausan kepada The Editor, Sabtu (20/6).

Terlepas dari masyarakat India yang penjorok, lanjutnya, memang sedikit menakutkan saat hendak mencoba makanan atau minuman di pinggir jalan. Tapi bagi wanita yang akrab disapa Ojhan ini aturan tersebut tidak berlaku. Toh Ia baik-baik saja saat meminum chai tea yang dibanderol seharga Rp2.000 per gelas ini. Bahkan bisa kembali pulang ke Indonesia tanpa gangguan sakit perut seperti kebanyakan pelancong Tanah Air yang berkunjung kesana. Kita tahu bersama kalau beberapa kali turis asal indonesia mengaku sakit perut saat berada di India. Keluhan ini disampaikan oleh mereka lewat akun media sosial sehingga membuat kesan yang sangat negatif ke negara tersebut.

Ojhan yang membeli chai tea di pinggir jalan menilai teh susu yang rasanya manis dan beraroma rempah tersebut sangat nikmat diminum baik saat jalan kaki atau saat berkendara diatas bajaj versi India. Ia mengaku sangat senang saat tahu bila penjual teh tersebut ternyata adalah seorang muslim.

“Jalanan disana memang banyak sampah kaya di Indonesia. Banyak orang buang sampah sembarangan, jualan makanan di pinggir jalan, nggak higienis banget. Buat tehnya juga pakai tangan tapi yang bikin nikmat ya itu,” ujarnya sambil tertawa.

“Intinya jangan lihat yang buat chai te-nya, tapi kenikmatannya yang hakiki,” tutupnya.

Leave a Reply

  • (not be published)