Hummus yang disajikan secara tradisional (Foto: BBC)

INDONESIA – Hummus artinya buncis. Resep hummus yang biasa dijual di restoran-restoran di Jerusalem berbahan dasar buncis, tahini, bawang putih, dan lemon.

Biasanya, orang di restoran-restoran Israel, makanan ini disebut dengan hummus b’tahini. Karena relatif mudah dibuat, variasinya lebih terletak pada cara penyajiannya.

Biasanya, setiap sajian hummus diatas piring selalu disiram dengan minyak zaitun juga. Minyak zaitun ini membuat tampilan hummus yang berwarna putih jadi sangat cantik.

Hummus secara tradisional disajikan dalam mangkuk tanah liat merah dengan tepian terangkat keatas. Sehingga bagian tengahnya yang kosong bisa diisi dengan minyak zaitun.

Sekarang ini banyak hummus yang sudah bisa dibeli langsung di toko-toko. Namun, restoran0restoran di Israel apda umumnya masih menyediakan hummus yang dibuat secara manual karena mudah.

Untuk membuat hummus yang enak harus dengan takaran yang benar. Ada banyak resep hummus yang berbeda. Saya menemukan lusinan resep hummus, dan secara praktis mencoba semuanya. Resep sebelum Anda adalah yang terbaik menurut saya. Akurat dan teruji dengan baik, meskipun Anda harus merasa bebas untuk bereksperimen. Semoga berhasil!

Bahan-bahan yang harus disediakan adalah:

1 cangkir buncis kering (terkecil yang bisa Anda temukan)
1/2 cangkir tahini
jus dari 1 lemon perasan
1-2 siung bawang putih
1/2 sendok teh jinten
1 sendok makan + 1 / 8-1 / 4 sendok teh soda kue
garam
minyak zaitun
peterseli

Bahan diatas cukup untuk membuat empat mangkuk hummus ekstra besar. Selamat mencoba!

Leave a Reply

  • (not be published)