BRAZIL – Helvetic Airways menandatangani nota kesepahaman komitmen dengan Embraer, produsen pesawat terbesar ketiga di dunia yang berasal dari Brazil. Dalam kesepakatan tersebut tercatat empat unit pesawat tipe E190-E2s akan ditukar dengan pesawat E195-E2 yang sebelumnya dipesan sebanyak 12 unit.

Embraer E190-E2 saat dilaunching di Sao Jose dos Campos, Brasil (Sumber Foto: Reuters)

Dari situs resmi Embraer diketahui lima unit E190-E2s telah dikirimkan ke Helvetic Airways. Rencananya, tujuh pesawat lainnya akan selesai dikirim sampai akhir 2021 nanti. Total nilai harga tujuh pesawat yang belum dikirimkan tersebut berkisar di angka USD 480 juta.

Dalam upaya diversifikasi kapasitas armada, Helvetic Airways mengonfigurasi E195-E2 dengan 134 kursi dalam tata ruang kelas tunggal, sementara tipe E190-E2s memiliki kapasitas 110 kursi. Perbedaan tersebut membuat Helvetic Airways mengubah penawaran mereka sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Diketahui bahwa Embraer bertipe E195-E2 memang menyediakan kapasitas ruang yang lebih besar dan hemat bahan bakar 10%. Dibandingkan dengan tipe E190, emisi E195-E2 38% lebih sedikit dan 48% lebih tenang di performa mesin.

CEO Helvetic Airways Tobias Pogorevc mengatakan Embraer E195-E2 memberikan keseimbangan yang baik antara kapasitas tempat duduk, jarak tempuh, konsumsi bahan bakar dan ramah lingkungan. Kapasitas kursi antara 120 dan 150 membuat pesawat ini tidak memiliki saingan di segmen pesawat regional.

“Dengan berbagai kapasitas tempat duduk akan memungkinkan kami untuk memperluas fleksibilitas operasional dan otonomi organisasi kami,” ujar Tobias seperti dirilis dalam situs resmi Embraer, Rabu (15/7).

Embraer merupakan sebuah perusahaan dirgantara global asal Brazil. Embraer merayakan hari jadinya yang ke-50 dengan bisnis di penerbangan komersial dan eksekutif, pertahanan dan keamanan serta penerbangan pertanian. Perusahaan ini merancang, mengembangkan, memproduksi dan memasarkan pesawat terbang dan menyediakan layanan purna jual kepada pelanggannya.

Leave a Reply

  • (not be published)