Helen McCrory sangat terkenal di industri perfileman (Foto: BBC)

LONDON – McCrory terkenal dalam perannya dalam film The Queen and The Special Relationship, franchise Harry Potter, dan serial TV termasuk Peaky Blinders.

The Guardian mengatakan, suami McCrory, sesama aktor Damian Lewis, mengumumkan kematian McCrory lewat akun Twitternya. Ia mengatakan bahwa McCrory telah meninggal dengan damai di rumah.

“Dengan sedih saya mengumumkan bahwa setelah pertempuran heroik melawan kanker, wanita cantik dan perkasa yaitu Helen McCrory telah meninggal … dikelilingi dengan cinta dari teman dan keluarga,” tulis Damian di lamannya pada Jumat (16/4).

Damian juga mengungkapkan kekagumannya atas mendiang istrinya dengan mengatakan bahwa Ia sangat beruntung karena memilikinya sampai akhir dalam hidupnya.

McCrory lahir di London. Ibunya berasal dari Welsh dan Ayahnya berasal dari Skotlandia. Ia menghabiskan waktu satu tahun di Italia sebelum belajar akting di Drama Center. Peran filmnya termasuk memerankan Cherie Blair di Peter Morgan’s The Queen dan The Special Relationship masing-masing pada tahun 2006 dan 2010. Ia juga memerankan Narcissa Malfoy dalam tiga film terakhir serial franchise Harry Potter, dan muncul dalam film James Bond Skyfall.

Di televisi, McCrory mendapat peran utama sebagai ibu keluarga Shelbys, Polly Grey dalam drama kriminal periode BBC Peaky Blinders, dan muncul juga dalam serial termasuk Doctor Who, Inside No 9, His Dark Materials, dan Penny Dreadful. Peaky Blinders mulai syuting seri keenam tahun ini, diharapkan tayang akhir tahun 2021.

Pada tahun 2020, McCrory muncul dalam drama politik Hugh Laurie Roadkill di BBC dan Kuis ITV.

McCrory juga seorang aktor panggung yang ulung, dan dinominasikan untuk Olivier dalam peran panggungnya sebagai Rosalind dalam As You Like It di teater Wyndham di London pada tahun 2006.

Pada tahun 2020, McCrory dan Lewis memimpin upaya penggalangan dana untuk menyediakan makanan hangat bagi staf NHS selama pandemi Covid-19. Pekerjaan mereka menghasilkan hampir 1 juta poundsterling.

Leave a Reply

  • (not be published)