Kota Tua Budapest (Foto: Elitha Evinora Tarigan/ THE EDITOR)

BUDAPEST – Meskipun negara modern, namun taksi yang beroperasi di Budapest terkenal akan tarifnya yang tidak masuk akal.

Masyarakat di negara ini juga mengimbau turis agar naik kendaraan umum saat bepergian.

Bila memang sangat terpaksa naik taksi, turis diminta untuk tidak sembarangan memilih taksi. Masyarakat di kota ini rata-rata memanfaatkan angkutan umum untuk bepergian.

Pasalnya, taksi yang beroperasi di Budapest sangat terbatas. Kondisi taksi juga biasa saja alias tidak begitu diperhatikan kerapiannya.

Di kota ini, Anda juga bisa menawar tarif taksi sebelum naik karena biasanya pengemudi akan menanyakan arah tujuan anda dan langsung menyebutkan harga. Kondisi ini umum berlaku di tempat-tempat hiburan malam, cafe atau pun terminal dan stasiun.

Bila hal diatas menimpa Anda, pastikan Anda mengetahui rute tujuan yang tengah dituju, terutama saat bepergian di malam hari. Bila anda menginap di hotel, tanyakan kepada front office dengan detail biaya yang harus dikeluarkan bila memesan taksi.

Bila perlu tanyakan juga tarif taksi yang harus dibayar untuk kembali ke hotel tempat anda menginap agar tidak dipermainkan oleh pengemudi.

Aparat kepolisian di Budapest umumnya patroli di malam hari. Namun bertanya kepada mereka terkadang sia-sia karena meski sudah menunjukkan alamat hotel tempat anda menginap namun mereka biasanya mengaku tidak tahu.

Buruknya pelayanan taksi di Hungaria bukan lagi jadi rahasia. Bahkan sering disebut bila taksi di kota ini cenderung berbahaya. Jadi jangan heran bila patroli polisi akan sering ditemukan di sudut kota Budapest.

Namun meminta bantuan kepada aparat saat Anda tersesat juga bukan solusi karena minimnya pengetahuan akan bahasa asing seperti Bahasa Inggris akan membuat situasi makin rumit.

Cara agar tidak perlu naik taksi?

Anda harus membawa peta kemanapun Anda pergi saat tengah berada di Budapest. Pastikan Anda juga membawa alamat hotel tempat Anda tinggal serta hapal toko-toko terdekat hotel.

Budapest adalah ibu kota dan kota terbesar di Hongaria, serta merupakan kota terbesar kesepuluh di Uni Eropa berdasarkan jumlah penduduk di batas kota. Kota ini diperkirakan memiliki jumlah penduduk sebesar 1.752.704 jiwa pada tahun 2016 dan mereka tersebar di wilayah seluas 525 km.

Beberapa merek taksi yang biasa beredar di Budapest diantaranya Fotaxi, Taxi 4, 6X6 Taxi, City Taxi, Budapest Taxi, TaxiPlus, Tele 5 Taxi, Elit Taxi, Bolt (Taxify) dan Taxim.

Leave a Reply

  • (not be published)