Ilustrasi (Foto: Kementerian Kesehatan/ THE EDITOR)

JAKARTA – Meningkatnya jumlah pasien terpapar virus corona membuat Presiden Joko Widodo mengambil langkah cepat dan tegas. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan persnya hari ini, Senin (21/6) mengatakan bahwa TNI dan Polri akan diturunkan untuk area-area perumahan dan rumah tinggal yang lima warganya diketahui positif terkena Covid-19.

“Kalau sudah lebih dari lima rumah yang terkena kita melakukan penyekatan secara spesifik untuk di level RT tersebut. Dengan bantuan TNI dan Polri. Supaya sekali lagi bisa membatasi pergerakan dan mobilitas dimulai dari level terkecil,” kata Budi.

Agar jumlah pasien covid-19 berkurang, Presiden Jokowi menginstruksikan agar tes antigen dilakukan secara masif hingga level rukun tetangga (RT).

“Yang penting juga beliau menyampaikan adalah dipastikan untuk orang-orang yang terkena itu segera dites. Karena banyak klaster keluarga. Satu RT dites saja semua segera untuk kita bisa pastikan siapa yang terkena,” jelasnya.

Kata Budi lagi, arahan lain yang Ia dapatkan adalah untuk melakukan isolasi berdasarkan karakteristik daerah di Indonesia. Bila daerahnya padat maka harus dilakukan isolaso terpusat. Sementara bila tidak maka daerah yang bersangkutan diminta melakukan isolasi mandiri.

“Dan beliau juga memberikan arahan kalau isolasi terpusat itu harus tersebar sebanyak mungkin ke daerah-daerah tersebut baik kecamatan maupun kelurahan sehingga meringankan beban yang ada di isolasi pusat yang besar-besar seperti Wisma Atlet,” katanya.

Kalau Ada Warga Yang Tengah Lakukan Isolasi Mandiri Maka Tetangga Harus Perhatikan Kebutuhannya

Budi mengatakan bahwa Presiden Jokowi meminta masyarakat untuk peduli pada warga yang tengah lakukan isolaso mandiri. Tujuannya adalah agar kebutuhan pangan penderita covid-19 dapat teratasi.

Untuk warga yang tengah lakukan isolaso dan memiliki gejala komorbid, saturasi di bawah 95 persen dan mulai sesak harus segera dibawa ke rumah sakit.

“Dengan pemerintah akan support, sekali lagi ini diawasi TNI Polri,” ujarnya.

Untuk itu, Budi mengaku akan berkoordinasi dengan TNI Polri untuk memastikan orang-orang yang harus jalani isolasi mandiri dan isolasi terpusat di rumah sakit atau di rumah pribadi. Sehingga setiap warga yang kena virus ini dapat segera ditangani dengan cepat, salah satunya mendapatkan kamar rawat inap.

Leave a Reply

  • (not be published)