Area persawahan dengan latar belakang bukit batu di Desa Kabba, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan (Foto: Andaq Hidayat/ THE EDITOR)

PANGKEP – Aliran listrik di sejumlah desa di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan padam hingga lebih dati 7 jam pada hari ini, Sabtu (10/7). Pemadaman yang terjadi sejak pukul 9.30 WITA tersebut berlangsung dalam dua tahap. Dan lampu dinyatakan benar-benar menyala saat pukul 17.00 sore.

Salah satu desa yang terkena dampak putusnya aliran listrik ini adalah Desa Kabba, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Khalijah (37) seorang ibu rumah tangga harus kelabakan saat hendak menidurkan bayinya yang baru berumur 7 bulan.

Ayunan bayi otomatis yang biasa Ia pakai tidak berfungsi, sementara Ia harus menjaga dua anaknya yang masih duduk di bangku sekolah dasar sembari membantu tetangganya yang tengah tertimpa musibah kecelakaan lalu lintas beberapa hari sebelumnya.

“Kenapa lampu mati terus. Jadi susah beraktifitas kalau begini. Banyak yang harus dikerjakan sementara nomot kontak PLN Pangkep tidak bisa dihubungi,” ujar Khalijah yang sebelumnya sempat menghubungi kantor pusat PLN Pangkep di nomor (0410) 21066.

“Tapi kenapa saat saya telepon nomor itu tapi tidak aktif?” Tanya Khalijah lagi.

Di area tempat tinggal Khalijah listrik mati dalam dua tahap. Pertama dimulai dari pukul 9.30 WITA hingga pukul 13.30 WITA. Lampu kemudian menyala pada pukul 13.31 dan akhirnya mati kembali pada pukul 14.00 WITA. Sampai kemudian listrik kembali menyala sekitar pukul 15.15 WITA.

Listrik Mati Karena Dalam Proses Pemeliharaan

Pemadaman listrik terjadi karena PLN tengah melakukan pemeliharaan jaringan listrik berupa berupa pemangkasan pohon yang sudah dekat dengan jaringan listrik di daerah Kampung Limbua, Kampung Talaka, Arung Sabila dan sekitarnya yang alirannya masuk dari Jalur aliran listrik (penyulang) jurusan Minasatene.

Demikian dikatakan oleh Manager PLN ULP Pangkep Riri Fajriah saat dihubungi oleh The Editor pada Sabtu (10/7) sore.

“Pekerjaan tersebut dalam rangka mengantisipasi gangguan penyaluran listrik akibat sentuhan pohon termasuk mencegah pohon rebah dan tumbang menimpa jaringan listrik,” ungkap Riri yang dihubungi melalui saluran telepon.

Riri mengaku telah mengumumkan perihal pemadaman ini sehari sebelum pemeliharaan jaringan listrik dilakukan, tepatnya pada Jumat (9/7) kemarin lewat media sosial. Ia juga mengaku telah mencoba meminimalisir efek gangguan akibat pemeliharaan itu.

“Untuk meminimalisir jumlah pelanggan yang padam selama pekerjaan pemeliharaan tersebut, maka sebagian suplai listrik pelanggan dialihkan ke jalur aliran listrik (penyulang) jurusan kota Pangkep,” ungkapnya.

Berikut kronologis pemadaman dan pengalihan penyaluran tenaga listrik dari PLN Kabupaten Pangkep yang berhasil diterima oleh redaksi:

Pukul 09.43 WITA, Pemadaman untuk pemeliharaan penebangan dan pemangkasan pohon dimulai pada jalur aliran listrik (penyulang) jurusan Minasatene. Untuk meminimalisir daerah yang padam pada jalur aliran listrik tersebut, maka dilakukan pengalihan aliran suplai listrik, dimana sebagian suplai listrik pelanggan dialihkan ke jalur aliran listrik (penyulang) jurusan kota Pangkep.

Pukul 14.13 WITA, terjadi gangguan kabel putus di pangkal jalur aliran listrik (penyulang) jurusan Pangkep, sehingga menyebabkan padam di daerah jalur aliran listrik (penyulang) arah Pangkep dan sebagian wilayah dari jalur aliran listrik (penyulang) jurusan Minasatene yang dialihkan sebelumnya. Kondisi tersebut mengakibatkan padam yang dirasakan berlangsung lebih lama dari rencana pemadaman yang diinfokan sebelumnya.

Pukul 14.20 wita, pekerjaan pemeliharaan pemangkasan pohon pada jalur aliran listrik (penyulang) jurusan Minasatene sudah selesai, dan dilakukan proses penormalan kembali jalur aliran listrik (penyulang) arah Minasatene tersebut. Proses penormalan kembali jalur aliran listrik di lakukan secara bertahap.

Pukul 15.26 wita, Pembenahan gangguan kabel putus di pangkal jalur aliran listrik (penyulang) jurusan kota Pangkep sudah selesai selanjutnya dilakukan proses penormalan kembali jalur aliran listrik bertahap untuk arah kota Pangkep.

Leave a Reply

  • (not be published)