JAKARTA – Masyarakat diminta untuk tidak khawatir berkunjung ke rumah sakit saat memeriksa kesehatan terutama kandungan.

Demikian diutarakan oleh Dokter Sofani Munzila, Sp.OG dalam acara live talkshow “Menghadapi New Normal” yang diadakan oleh Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok.

“Meskipun masih pandemi covid-19 tapi bila tengah hamil harus periksa. Jangan takut ke rumah sakit,” ujarnya.

Sofani mengimbau agar saat berkunjung ke rumah sakit, pasien diminta untuk mematuhi aturan yang berlaku diantaranya menggunakan masker yang memenuhi standar dan tidak melakukan hal-hal yang dapat memicu timbulnya virus. Seperti memegang bagian depan masker terlalu sering, menyentuh bagian wajah dan masker secara bergantian dan lupa mencuci tangan. Prosedur semacam itu menurutnya sangat perlu diperhatikan saat diperiksa.

Selain itu, hal lain yang Sofani imbau agar dilakukan oleh pasien yang tengah hamil adalah tetap berolahraga dan menjaga asupan vitamin. Katanya tidak ada alasan untuk tidak disiplin meski musim pandemi masih terus belum berakhir 100%.

Selama berada di rumah sakit pasien juga diminta untuk tidak terkejut melihat standar pelayanan tim medis yang berbeda dari biasanya. Aturan pelayanan tim medis selama pandemi corona diakuinya memang sangat berbeda dari biasanya. Salah satunya dari standar pakaian yang dipakai saat mereka bekerja. Hal semacam itu diharapkan olehnya tidak menimbulkan kepanikan pada pasien.

“Rumah sakit selalu disemprot cairan disinfektan jadi sangat steril, kemudian pakaian tim medis juga disesuaikan dengan kebutuhan apalagi yang berada di zona operasi,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut pasien yang tengah hamil diminta untuk lebih aktif memeriksa kandungan dan melaporkan semua riwayat penyakit kepada dokter untuk mempermudah penanganan. “Jangan sampai diakhir baru ngomong ada penyakit nanti susah penanganannya,” tutupnya.

Leave a Reply

  • (not be published)