JAKARTA – Modern dan serbaguna, helikopter tipe H145M menawarkan berbagai pilihan taktis di medan perang. Helikopter ini dilengkapi dengan peralatan canggih dan fleksibel yang di desain untuk menjalankan misi militer.

Helikopter H145M (Sumber Foto: Airbus)

Fitur utama H145M adalah berbagai paket peralatan misi opsional yang tersedia yang dapat dengan cepat dipasang dan dipindahkan sesuai dengan kebutuhan. Pesawat ini juga dapat dikonfigurasi ulang dari awalnya hanya sekedar mengangkut penumpang menjadi helikopter penyelamat yang dilengkapi dengan berbagai senjata balistik yang canggih.

Helikopter H145M memiliki daya tahan dan daya jangkau yang mampu bertahan diberbagai situasi dengan kecepatan jelajah 240 km per jam, serta kecepatan maksimum 250 km per jam, terutama saat beroperasi di daerah berpasir dan berdebu. Dengan kemampuan terbang hingga 6.000 kaki, helikopter ini dapat bertahan di suhu tinggi hingga 35 derajad Celcius atau 95 derajad Fahrenheit.

H145M dilengkapi dengan sistem senjata HForce milik Airbus – sistem senjata tambahan, modular, dan hemat biaya yang dapat digunakan pada versi helikopter sipil dengan tipe H125M, H145M dan H225M. Sistem pengaturan senjata yang fleksibel membuat helikopter ini disukai oleh militer karena sangat ringan dan lengkap.

Kelebihan lain dari helikopter ini adalah mampu terbang rendah disegala medan, dilengkapi mission computer, infrared/TV electro-optical system, emergency locator transmitter (ELT) dan laser range finder. Selain itu juga menggunakan teknologi HForce Generic Weapon System (HForce GWS) yang menawarkan sebuah sistem senjata deterrent dengan kualitas tinggi.

Karakteristik helikopter H145M meliputi kabin lantai datar yang tidak terhalang, pintu kabin geser besar, pintu clamshell belakang, rotor ekor yang dipasang tinggi, dan visibilitas kokpit unik. Kabin dapat dikonfigurasi hingga 10 kursi untuk pasukan militer.

Seperti H135, helikopter tipe H145 juga mampu mengangkat bobot kosong, pesawat ini ditawarkan dengan berbagai pilihan ayunan, gendongan, dan hoist. Salah satu pengguna tunggal helikopter ini adalah Angkatan Darat Amerika Serikat.

Leave a Reply

  • (not be published)