Distrik Gion di Kyoto, Jepang (Foto: Elitha Evinora Tarigan)

JEPANG – Gion sangat terkenal dengan toko-toko, restoran dan ochaya-nya(kedai teh). Gion adalah tempat dimana geisha dan maiko biasa memamerkan kebolehan mereka dalam seni.

Rumah dan toko yang dibangun dari kayu di Gion memang sangat menarik minat wisatawan untuk datang.

Karena tingginya pajak bumi dan bangunan yang ditetapkan oleh pemerintah Jepang, maka rumah-rumah disana dibangun dengan fasad (bagian depan bangunan) yang sempit. Lebarnya fasadnya hanya 5-6 meter, tetapi diperpanjang hingga dua puluh meter dari jalan.

Area paling populer di Gion adalah Jalan Hanami-koji, tepatnya dari Jalan Shijo hingga Kuil Kenninji. Tempat ini memang bagus banyak menyediakan restoran yang menjual makanan mahal.

Rumah-rumah kayu di Jepang bernama machiya. Rumah ini memang sangat dijaga dan dirawat dengan baik agar tahan lama.

Di Gion, rumah machiya banyak dijadikan sebagai restoran yang menyajikan masakan Jepang bergaya Kyoto. Namun ada juga restoran yang menawarkan makanan dengan menu internasional.

Di antara restoran-restoran tersebut terdapat ochaya (kedai teh), tempat makan paling eksklusif dan mahal di Kyoto serta tempat para tamu dihibur oleh Geisha dan Maiko.

Bagian indah lainnya dari Gion adalah Area Shirakawa yang membentang di sepanjang Kanal Shirakawa yang sejajar dengan Jalan Raya Shijo. Kanal ini dibatasi oleh pohon willow, restoran kelas atas, dan ochaya. Rumah disini banyak di antaranya memiliki kamar yang menghadap ke kanal. Karena lokasinya yang agak terpencil, area Shirakawa biasanya lebih sepi dari pada Jalan Hanami-koji yang dekat dengan Gion.

Banyak turis mengunjungi Gion dengan harapan bisa melihat Geisha dan mMiko yang berjalanan di antara kedai teh. Jika anda berpapasan dengan geisha atau maiko, bersikaplah hormat. Keluhan mereka tentang turis yang berperilaku seperti paparazzi yang kejam meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Pengalaman terbaik saat berkunjung ke Gion adalah dihibur oleh Geisha dan Maiko. Mereka akan menghibur anda dengan percakapan ringan, menyajikan minuman, menemani minum serta menampilkan musik dan tarian tradisional.

Layanan Geisha sangat mahal dan eksklusif. Meski sudah berada di salah satu kedai teh pun belum tentu anda akan dilayani oleh mereka. Anda harus memiliki kenalan khusus bila ingin bertemu dengan mereka.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, beberapa agen perjalanan dan hotel mulai menawarkan paket makan siang atau makan malam dengan maiko kepada turis. Bahkan ada beberapa perusahaan yang khusus membidik turis asing yang tidak bisa bahasa Jepang.

Bila ingin lebih mudah, nontonlah pertunjukan budaya yang diadakan setiap hari di Gion Corner yang dekat dengan Hanami-koji. Acara ini memang ditujukan untuk turis asing.

Jika Anda berada di Kyoto pada bulan April, lihat pertunjukan Miyako Odori dengan pertunjukan tari harian oleh maiko.

 

Leave a Reply

  • (not be published)