Politisi Ferdinand Hutahaean (Foto: Istimewa/ THE EDITOR)

JAKARTA – Tokoh-tokoh dari kawasan Timur Indonesia seperti Andi Amran Sulaiman berpotensi maju di Pilpres 2024 nanti. Demikian dikatakan oleh Politisi Ferdinand Hutahaean saat berbincang dengan redaksi The Editor, Sabtu (26/6) sore.

Untuk diketahui, Andi Amran Sulaiman adalah salah satu tokoh muda asal Sulawesi Selatan yang pernah menjabat sebagai Menteri Pertanian di era Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla (2014-2018). Di masa kepemimpinannya, swasembada beras yang pernah lepas dari tangan Indonesia selama 32 tahun berhasil Ia kembalikan.

“Ada keuntungan yang dimiliki Andi Amran, dia orang Timur Indonesia yang mana orang Timur Indonesia selalu dilirik untuk dapat kesempatan menjadi orang nomor dua atau cawapres. Jadi peluangnya disitu,” ungkapnya.

Meski demikian, lanjutnya, dengan kerja keras Amran pasti mampu mewakili Indonesia Timur di ajang Pilpres 2024. Pasalnya tokoh-tokoh asal Sulawesi selalu dilirik untuk maju sebagai calon wakil presiden (Cawapres) di beberapa putaran Pilpres.

Dukungan Partai Nasdem diyakini Ferdinand akan menambah kemungkinan besar terpilihnya nama Amran Sulaiman di putaran Pilpres karena partai besutan Surya Paloh ini selalu jeli dalam menilai pemuda dan pemudi yang memiliki selogan anti korupsi.

“Dengan kerja keras, tentu Andi Amran yang mewakili Indonesia Timur sangat mungkin mendapat peluang jadi orang nomor dua apalagi bila didukung partai Nasdem yang memiliki suara cukup signifikan di Pemilu 2019 lalu,” ungkapnya.

Gebrakan Amran Perlu Dihembuskan Kembali

Sepak terjang Amran Sulaiman sebagai politisi harus kembali dinaikkan ke publik. Karena sebagai politisi, kata Ferdinand, nama Amran kurang dikenal masih banyak orang yang tidak mengenal karir dan berbagai keputusan politik yang pernah Ia lakukan sepanjang hidupnya.

“Meski Andi Amran Sulaiman punya nama atau popularitas politik karena pernah menjabat sebagai menteri. Jadi mungkin perlu kerja keras bavi Andi Amran untuk kembali mengingatkan publik pada dirinya dan mengkonversi popularitas dirinya jadi elektabilitas,” jelas mantan politisi dari Partai Demokrat ini.

Surya Paloh Memang Jeli Melihat Tokoh Politik Baru

Ferdinand mengakui keberadaan Surya Paloh sebagai salah satu politisi yang sangat jeli dalam melihat bibit baru. Dukungan Surya Paloh terhadap beberapa politisi menurutnya perlu diapresiasi karena nama-nama tersebut berhasil muncul sebagai figur pilihan baru bagi masyarakat.

Menurutnya, keberhasilan tersebut Ia dapatkan dari dukungan media yang begitu besar seperti Metro TV. Bagi Ia pribadi, pria asal Aceh tersebut layak mendapat sebutan sebagai dewa politik di kancah perpolitikan nasional.

“Surya Paloh adalah betul bahwa beliau memang sejak mendirikan Partai Nasdem telah banyak menciptakan politisi handal dikancah politik nasional dan telah banyak membuat sukses politisi dengan mendukung banyak tokoh hingga menjadi perhatian publik dan sukses,” pungkasnya.

Leave a Reply

  • (not be published)