JAKARTA – Perguruan tinggi harus menginisiasi serta melakukan terobosan di bidang kesehatan dan bidang lainnya dalam menyongsong tatanan baru menghadapi Covid-19.

Foto : Dokumen Pribadi

Demikian dikatakan oleh Ketua DPR RI Puan Maharani saat didapuk sebagai pembicara kunci bertema Memaknai Pancasila di era Pandemi yang diselenggarakan Universitas Brawijaya Malang, Rabu.

“Di bidang kesehatan diharapkan adanya terobosan teknologi alat kesehatan, contohnya ventilator portable yang sangat dibutuhkan saat ini. Kemudian terobosan untuk menemukan vaksin Covid-19,” ujarnya.

Puan juga menggantungkan harapan kepada perguruan tinggi agar mampu menghadirkan terobosan inovatif menghadapi tatanan kehidupan pasca-pandemi Covid 19 di bidang logistik sehingga ditemukan terobosan distribusi barang yang aman dari penyebaran Covid-19.

Kajian-kajian ilmiah sebelum penerapan kenormalan baru dinilai Puan juga sangat penting ditemukan dalam waktu dekat. Kampus diminta aktif memberi masukan ke pemerintah terkait penanggulan pandemi ini. Masukan dari kampus menurutnya adalah bentuk gotong royong dari masyarakat akademik ditengah wabah corona.

“Gotong royong itu inti ajaran Pancasila yang disampaikan Bung Karno. Pandemi ini hanya bisa diatasi jika kita semua bergotong royong dalam skala besar,” tutupnya.

Leave a Reply

  • (not be published)