ISTANBUL – Ribuan masyarakat ikut shalat di hari pertama status Museum Hagia Sophia dijadikan sebagai masjid hari ini, Jumat (24/7) waktu Istanbul, Turki.

Peserta shalat Jumat yang berdiri diatas rumput melambai ke arah drone yang terbang rendah di sekitar Museum Hagia Sophia (Sumber: Euronews)

Taman yang berada diantara Museum Hagia Sophia dan Masjid Biru yang bernama Taman Sultan Ahmet Square juga dijadikan sebagai tempat shalat. Taman ini cukup terkenal dengan rumput hijau diatasnya dan selalu dirawat oleh pemerintah Turki. Peserta shalat melambaikan tangan tiap kali drone terbang rendah melintas dan menyorot disekitar taman yang diinjak peserta shalat.

Biasanya, masyarakat akan duduk disekitar taman yang menyediakan bangku-bangku panjang untuk pengunjung. Disekitar taman ini juga biasanya banyak ditemukan penjual jagung dan kacang rebus.

Dari tayangan video yang diunggah Euronews, peserta shalat yang umumnya pria terlihat duduk sambil bercengkrama satu sama lain. Sementara itu, suasana di dalam Museum Hagia Sophia sendiri tampak ramai, lampu-lampu kristal museum juga sudah dinyalakan. Tujuh orang Imam dengan kopiah duduk di bagian depan.

Sebagaimana diketahui, 11 orang imam ditunjuk untuk memimpin shalat Jumat di Hagia Sophia. Salah satunya adalah seorang profesor studi agama, shalat Jumat di Hagia Sophia merupakan yang pertama dalam 86 tahun.

Leave a Reply

  • (not be published)