Air Mancur Trevi di Roma, Italia (Foto: Elitha Evinora Tarigan)

ROMA – Air Mancur Trevi selebar 50 meter terkenal tidak hanya karena keindahannya tetapi juga karena tradisinya. Disebutkan bahwa orang yang melempar koin ke dalam kolam air mancur ini dipastikan akan kembali lagi ke Roma suatu saat nanti. Mitos ini tentu saja menarik minat pengunjung untuk memenuhi dasar kolam dengan berbagai macam koin dari seluruh dunia.

Fakta Menarik Tentang Air Mancur Trevi The Editor rangkum untuk anda:

1. Air yang mengalir di air mancur bergaya Barok ini awalnya berasal dari Acqua Vergine, sebuah saluran air yang dibangun oleh Marcus Vipsanius Agrippa pada tahun 19 SM untuk membawa air dari perbukitan ke Roma.

Legenda mengatakan bahwa seorang wanita muda yang cantik menunjukkan lokasi mata air alami kepada beberapa tentara Romawi. Mata air tersebut berasal sekitar 22 km dari Roma dan hingga hari ini masih memasok kebutuhan air Kota Roma karena mampu memompa sekitar 80.000 meter kubik air per hari.

2. Saluran air yang biasa mengaliri air mancur ini dihancurkan oleh Goth pada tahun 537. Karena kejadian ini, orang Romawi pada waktu itu dipaksa untuk mengambil air dari sumur yang terkontaminasi dari Sungai Tiber untuk dipakai ke kolam ini. Padahal Sungai Tiber dijadikan sebagai saluran pembuangan oleh masyarakat Roma kala itu.

3. Sebelum Air Mancur Trevi dibuat, pada tahun 1453 atas perintah Paus Nicholas V membangun air mancur lainnya. Ar mancur versi Paus Nicholas V dibangun dari dana pajak angur.

Oleh karena itu ada pepatah yang ramai beredar di kalagan masyarakat Roma, yakni “Paus Mengambil Air Anggur Kami Untuk Menggantinya Dengan Kami’.

4. Pembangunan Air Mancur Trevi dimulai pada tahun 1732 oleh Paus Clement XII dan diresmikan 30 tahun kemudian oleh Klemens XIII. Namun sebelumnya, Paus Urbanus VIII telah meminta pematung dan arsitek Bernini untuk menyusun rencana pembangunan kolam ini yang kemudian ditinggalkan. Pietro da Cortona adalah orang yang membuat model air mancur.

5. Air mancur Trevi adalah simbol untuk kesehatan dan kelimpahan.

6. Anda tidak boleh melewatkan Air Mancur Trevi selama perjalanan ke Roma, meskipun Anda mungkin kesulitan mendapatkan spot untuk foto karena padatnya pengunjung yang datang ke tempat ini.

Meski begitu, menikmati keindahan kolam ini sembari menikmati gelato dari toko es krim yang ada di sekitar kolam juga sangat menyenangkan. Jangan lupa lemparkan koin anda, siapa tahu akan kembali lagi ke Roma dengan orang anda sayangi.

Leave a Reply

  • (not be published)