BANYUWANGI – Dinilai cukup serius membenahi sektor pariwisata, Presiden Joko Widodo bertolak ke Kabupaten Banyuwangi pada Kamis (25/6) siang. Hal ini Jokowi lakukan usai menginstruksikan cara penanganan Covid-19 di Jawa Timur. Disana, Jokowi meminta agar perawatan dan isolasi mandiri terhadap pasien tanpa keluhan juga tetap harus dilakukan ketat.

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat berkunjung ke Pasar Tradisional Kecamatan Rogojampi, Kamis (25/6). (Foto: Sekretariat Negara)

“Sore hari ini saya akan melihat secara langsung persiapan prakondisi Banyuwangi dalam rangka menyiapkan menuju tatanan baru di sektor pariwisata,” ujar Jokowi.

Untuk diketahui, Jokowi berkunjung ke Villa So Long dan Pantai So Long untuk meninjau adaptasi new normal. Agar sektor pariwisata dapat bergerak, Ia berharap keamanan dan keselamatan pengunjung dapat jadi prioritas utama.

Banyuwangi sendiri memang menerapkan teknologi yang dapat mengatur kapasitas destinasi wisata mereka. Untuk mencapai tempat wisata di kota ini, wisatawan harus memesan tiket secara online. Bila destinasi telah dianggap telah mencapai batas kunjungan sesuai protokol maka tiket otomatis akan berhenti terjual.

Sertifikasi dan uji kompetensi protokol kesehatan juga dilakukan pemerintah setempat terhadap calon wisatawan. Para ahli dan tim kesehatan terlatih dilibatkan secara khusus untuk menangani hal ini.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengimbau Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas agar memberi ruang kepada masyarakat untuk mendukung sektor pariwisata lewat akomodasi. Misalnya, dengan memberikan kesempatan berinvestasi di bidang jasa perhotelan seperti hotel dari bintang tiga ke bawah, homestay atau rumah singgah.”Sementara itu bintang empat lima dan seterusnya diberikan kepada investor,” ujar Jokowi.

Prakondisi menyambut adaptasi new normal di bidang pariwisata seperti ini mendapat dukungan dari Jokowi. Ia berharap bila waktunya tepat maka tatanan hidup masyarakat dapat berjalan dengan normal.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi meluncurkan aplikasi Banyuwangi Tourism untuk melayani wisatawan di masa new normal pandemi corona. Aplikasi ini dapat digunakan untuk membeli tiket ke objek wisata yang hendak dituju. Dalam aplikasi tersebut wisatawan akan mengetahui jam operasional daerah tujuan wisata yang hendak dituju. Tiap destinasi juga diberi batasan untuk menerima pengunjung sebagaimana yang diatur dalam protokol Pemda.

Leave a Reply

  • (not be published)