PETERSBURG – Tiada hari tanpa kopi, demikian sebagian gaya hidup masyarakat yang tinggal di Petersburg, Rusia sebelum memulai aktifitas. Biasanya mereka memilih memiliki mesin kopi sederhana di rumah ketimbang membeli kopi diluar.

Segelas Latte hangat di sebuah cafe di Praha, Republik Ceko (Fotografer: Elitha Evinora Tarigan)

Dari rangkuman kontributor The Editor di Rusia, Ksenia diketahui bahwa di Petersburg ada banyak cafe yang menawarkan berbagai macam varian kopi dengan harga yang beragam. Pembeli kerap kalap terutama orang Asia saat minum kopi di cafe di kota ini karena harga yang ditawarkan terlihat murah. Perbedaan nilai mata uang kerap tidak diperhitungkan karena angkanya yang terlihat kecil tapi nilainya sangat besar.

Contoh, harga kopi hitam bisa dilabeli hanya seharga 2 dollar, harga tersebut belum termasuk tambahan susu atau sirup yang sesuai dengan selera anda. Harga yang dibanderol untuk penambah rasa biasanya berkisar antara 1 sampai 3 dollar. Selanjutnya ukuran kopi yang anda pesan, bila ingin kopi yang lebih banyak isinya maka tinggal menambah sekitar 1 sampai 2 dollar. Jadi ujung-ujungnya anda bisa menghabiskan uang sekitar 6 dollar atau bila dirupiahkan Rp84.500 hanya untuk secangkir kopi hitam dengan tambahan rasa susu atau sirup. Sementara itu untuk harga cappucino dan latte biasanya dibanderol seharga 4 dollar dan 6 dollar.

Intinya, saat minum kopi di Petersburg lebih baik yang sudah diberi rasa seperti cappucino atau latte supaya kantong anda tidak bolong karena kebanyakan minum kopi hitam.

Leave a Reply

  • (not be published)