The Editor

INGGRIS – Warga negara asing yang hendak berlibur ke Inggris juga mendapat aturan yang sama, yakni mengikuti prosedur kesehatan yang disesuaikan dengan standar Inggris Raya. Sistem yang disebut dengan lampu lalu lintas ini membagi tiap-tiap negara dengan zona hijau, kunig dan merah.

Bagaimana sistem pengaturan ini berjalan? Euronews Travel mengatakan bahwa sistem warna ini adalah untuk mengidentifikasi negara-negara yang rentan tertular covid-19. Faktor lain yang jadi tolak ukur adalah presentasi populasi yang telah mendapatkan vaksin, jumlah masyarakat yang terkena infeksi, prevalensi varian virus baru atau yang muncul dan akses ke data ilmiah yang andal.

Saat ini Inggris menetapkan 39 negara yang masuk dalam daftar merah. Filipina adalah salah satu negara yang masuk dalam daftar ini. Warga Inggris dilarang terbang ke negara-negara yang ditetapkan dalam kategori merah. Bila diharuskan untuk bepergian maka harus untuk tujuan yang sangat penting dan melalui proses karantina selama 10 hari, melakukan uji coba PCR di hari ke-2 dan ke-8.

Jika ada warga Inggris tengah berada atau melalui salah satu negara yang masuk zona merah kurang dari 10 hari, maka mereka akan dilarang masuk negara tersebut. Namun, bila Anda berkewarganegaraan Inggris atau Irlandia, atau Anda memiliki hak tinggal di Inggris Raya, maka Anda akan dizinkan masuk, tapi sebelumnya Anda harus melalui karantina di hotel yang disetujui oleh pemerintah selama 10 hari.

Negara-negara yang masuk dalam kategori zona merah diantaranya: Angola, Argentina, Bangladesh, Bolivia, Botswana, Brasil, Burundi, Tanjung Verde, Chili, Kolombia, Republik Demokratik Kongo, Ekuador, Eswatini, Ethiopia, Guyana Prancis, Guyana, Kenya, Lesotho, Malawi, Mozambik, Namibia, Oman, Pakistan, Panama, Paraguay, Peru, Filipina, Qatar, Rwanda, Seychelles, Somalia, Afrika Selatan, Suriname, Tanzania, Uni Emirat Arab (UEA), Uruguay, Venezuela, Zambia, dan Zimbabwe.

Aturan diatas juga berlaku untuk negara-negara yang masuk dalam kategori berwarna kuning. Sementara itu, untuk negara yang masuk dalam kategori warna hijau seperti Prancis dan Spanyol, maka wisatawan tidak perlu melalui masa karantina. Meski demikian tetap wajib melalui tahap pengujian PCR sebelum dan sesudah keberangkatan.

Pemerintah Inggris juga mengatakan bahwa pembatasan pengunjung ini akan terus dipantau kembali pada 28 Juni, 31 Juli dan 1 Oktober 2021 mendatang. Dengan demikian, tiap negara berpotensi akan berganti statusnya seiring dengan faktor-faktor penentu perkembangan virus corona di tiap negara.

Leave a Reply

  • (not be published)