Largo di Torre Argentina (Foto: Elitha Evinora Tarigan)

ROMA – Mussolini adalah seorang diktator Italia semasa perang. Bangunan tersebut sebelumnya adalah tempat tinggal mewah pangeran Italia, Villa Torlonia. Namun berhasil dikuasai Mussolini pada tahun 1925.

Saat ini, para sukarelawan yang bekerja di Torre Argentina merawat sekitar 130 kucing yang banyak di antaranya cacat atau menderita penyakit. Setelah situs itu digali, kucing liar Roma segera dipindahkan ke tempat ini. Disini, kucing dirawat dan diberi makan dengan baik.

Sejak pertengahan 1990-an, populasi kucing di tempat ini telah berkembang dari sekitar 90 menjadi 250. Kucing yang terluka di tampung dan dirawat di sini. Beberapa diantara kucing liar yang dirawat disini pernah mengalami kecelakaan atau cacat fisik.

Mereka menjalankan program pemandulan dan sterilisasi secara aktif untuk menjaga populasi kucing liar tetap stabil di Roma, Italia.

Masyarakat diminta berpartisipasi dalam bentuk sumbangan dana untuk menjaga keberadaan kucing liar di tempat ini. Jadi, pengunjung dan warga Italia secara umum bisa memberikan sumbangan saat berkunjung ke Largo di Torre Argentina.

Yang menarik dari Largo di Torre Argentina adalah tiang dan altar besi yang berasal dari abad ke-4SM. Dulunya tempat ini adalah kuil yang dibangun oleh bangsa Romawi. Reruntuhan Curia Pompey masih terlihat jelas disini. Curia Pompey adalah tempat dimana Jenderal Romawi yang kejam, Julius Caesar dibunuh.

Dulunya ada empat kuil kuno besar di tempat ini. Kemegahannya dapat dilihat dari luar area karena besarnya tiang-tiang kuil yang hancur.

Leave a Reply

  • (not be published)