Salah satu petani tembakau di Desa Batu Karang, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Foto: Elitha Evinora Tarigan)

TANAH KARO – Sebelum diiris, daun tembakau akan dipilah terlebih dahulu. Daun berwarna hijau kekuningan merupakan tembakau yang berkualitas tinggi yang bernilai tinggi setelah diolah. Bagi warga Desa Batu Karang, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, mengiris daun tembakau adalah aktivitas mereka sehari-hari.

Masyarakat di desa ini rata-rata adalah petani tembakau yang langsung mengolah daun tersebut menjadi suntil. Panen daun tembakau biasanya dilakukan di pagi hari dan langsung dibawa ke rumah untuk dipilah. Namun sebagian warga juga memanen daun tembakau di sore hari untuk diiris saat pagi menjelang. Dengan demikian penjemuran dapat langsung dilakukan agar sore nanti dapat segera diolah lagi.

Sebagian warga ada juga yang mengiris tembakau di malam hari. Biasanya tembakau yang diiris di waktu ini berkualitas biasa karena bisa didiamkan untuk sementara waktu setelah diiris.

Tetapi, untuk daun tembakau yang berkualitas bagus alias super biasanya diiris di pagi hari dan di momen saat daun berkualitas ditemukan. Usai diiris daun tembakau ini harus segera dijemur agar kualitasnya tetap terjaga.

Untuk menuju Desa Batu Karang anda dapat menumpang angkutan umum Maya yang dapat ditemukan di Simpang Empat, Kabanjahe, Tanah Karo. Cukup dengan Rp10.000 saja anda sudah bisa tiba di desa yang dapat ditempuh dengan kendaraan selama 45 menit dari Kabanjahe.

Leave a Reply

  • (not be published)