Berbagai macam gucci soju asal kota Andong, Korea (Foto: Elitha Evinora Tarigan

KOREA – Di Korea semua bidang pekerjaan dihargai sedemikian tinggi hingga saat seseorang mendapat gelar master maka dia akan dikenang selamanya. Salah satunya adalah master pembuat Soju atau minuman arak khas Korea Selatan.

Sejarah dari Soju itu sendiri cukup unik karena awalnya Soju digunakan sebagai obat. Kala itu soju diberikan kepada Raja Danjong dan seluruh menteri dibawah kekuasannya yang mengalami penurunan kualitas kerja dan tidak bisa tampil prima saat menjalankan kekuasannya. Berbagai manfaat soju yang diketahui saat itu adalah untuk mengobati sakit perut, meningkatkan nafsu makan, mengobati gigitan serangga beracun dan penyakit lainnya.

Jadi, karena alasan itu gelas yang dipakai untuk minum soju selalu kecil karena memang khusus untuk obat. Diketahui juga bahwa di jaman dahulu hanya kalangan keluarga raja yang bisa minum arak ini untuk alasan non medis alias untuk konsumsi sehari-hari.

Sampai akhirnya, sekitar tahun 1919 soju mulai diperkenalkan ke masyarakat awam dan mulailah para ahli arak bermunculan di Korea. Tak hanya laki-laki, kaum perempuan juga mulai memunculkan diri sebagai master dalam membuat soju. Cho Ok Hwa, Salah satu master perempuan pembuat soju ke-20 dan juga adalah pemilik perusahaan minuman arak di Andong, Korea.

Cho Ok Hwa telah menjalankan perusahaan ini selama bertahun – tahun. Rahasia keluarga mereka adalah dengan tetap menjaga proses pembuatan soju se-tradisional mungkin. Teknik yang mereka miliki terkenal karena masih jarang digunakan.

Karena kehebatan itu juga Ia bisa disebut sebagai master pembuat soju di Korea Selatan. Bila anda beruntung, saat berada di Andong anda bisa bertemu dengan Cho Ok Hwa dan mengikuti tahap-tahap membuat soju bersamanya.

Tahap membuat soju dari hal dasar yakni mengolah gandum,merebus beras, memasak campuran gandum dan beras yang sudah direbus, sampai akhirnya menyaring air yang telah berubah jadi arak. Sebagai informasi, semua tahap pembuatan arak ini bisa ditemukan di museum soju yang telah diresmikan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Korea.

Cho Ok Hwa sendiri mendapat gelar master tahun 2000 lalu setelah melalui berbagai macam ujian pembuatan soju skala nasional. Sebagai oleh-oleh anda bisa membeli soju khas Kota Andong yang memiliki desain kemasan unik. Bentuknya seperti gucci arak yang dihiasai berbagai macam motif. Ada yang polos, ada juga yang diberi gambar wajah khas kerajinan Korea. Harganya memang mahal tapi sepadan dengan rasanya. Silahkan mencoba.

Leave a Reply

  • (not be published)