Yasinta Sistya

JAKARTA – Yasinta Sistya dalam bukunya berjudul Merdeka menuliskan cara untuk membangun kesadaran setiap hari. Tujuannya adalah agar terjauhkan dari pembiasan ilusi. Kesadaran ibarat alat yang mampu melihat tanpa bias penilaian, emosi, perasaan.

Kesadaran juga termasuk menerima eksistensi dirinya apa adanya. “Saya sebagai mahluk yang mempunyai kondisi tertentu di posisi tertentu,” tulis Yasinta.

Untuk itu, Yasinta berbagi tips latihan formal dasar membangun kesadaran setiap hari. Diantaranya:

1. Duduklah dengan posisi yang relax dan nyaman. Usahakan Punggung tegak, tidak bersandar, tetapi nyaman.

2. Tutup mata anda, arahkan pikiran anda untuk memperhatikan nafas natural. Anda bisa memperhatikan nafas keluar di lubang hidung atau antara lobang hidung dengan bibir atas. Tidak perlu mengatur nafas agar masuk dan keluar. Amati saja nafas keluar masuk seperti apa adanya

3. Amati dan catat semua karakter atau sensasi yang muncul di nafas. Misalnya anda menemukan bahwa pada nafas anda muncul panas, atau dingin, atau mungkin berat atau ringan, atau panjang ataupun pendek. Apapun yang muncul sadari, amati dan terima apa adanya.

4. Mungkin setelah 5 menit mengamati karakter nafas, kembalikan perhatian anda hanya ke mengamati nafas keluar masuk, lalu perlahan-lahan buka mata anda. Meditasi selesai.

Dengan hanya empat langkah diatas anda bisa meningkatkan latihan kesadaran dengan menambah durasi latihan. Misalnya hari ini 5 menit, besok 10 menit, besok lusa lagi 15 menit dan seterusnya, sampai mungkin anda berlatih minimal selama 30 menit.

Untuk latihan non formal anda bisa lakukan di saat santai mungkin disaat istirahat makan. Anda diimbau untuk mengamati semua sensasi rasa makanan yang anda makan atau hawa udara ketika anda duduk di taman atau sensasi bau rumputnya. Sadari dan terima apa adanya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

  • (not be published)