Anjing jenis Golden Doodle tengah bermain di Billerica Dog Park, Amerika Serikat pada Sabtu, 15 Mei 2021 (Foto: THE EDITOR/ Dameria Hutabarat)

AMERIKA SERIKAT – Billerica Dog Park adalah sebuah taman bermain bagi para anjing yang sangat ideal. Taman seluas 13.000 kaki persegi ini mencakup dua area, yaitu taman besar yang diperuntukkan untuk tempat bermain para anjing berbagai ukuran seluas 10.000 kaki persegi dan juga taman kecil yang sering digunakan oleh anjing-anjing kecil seluas 3.000 kaki persegi.

Kedua area tersebut memiliki fasilitas yang amat memadai untuk digunakan baik bagi si pemilik maupun anjing peliharaannya. Selain memiliki bangku-bangku taman di mana pengunjung dapat duduk dengan santai sambil memandang peliharaan mereka bermain dan bersosialisasi dengan anjing lainnya, juga tersedia area menunggu yang memiliki atap untuk melindungi pengunjung dari hujan, salju, ataupun terik matahari.

Kesadaran untuk membuat pengunjung lainnya merasa nyaman dengan menjaga kebersihan sangat ditanamkan bagi para anggota komunitasnya. Di area pengunjung, terdapat sapu yang bisa digunakan oleh pemilik anjing agar bisa membersihkan lantai sehingga tidak kotor dan tertutup oleh bebatuan.

Mandu, seekor anjing campuran jenis Golden Doodle yang tengah merayakan hari ulang tahun pertamanya bersama sahabat-sahabat baiknya pada Sabtu, 15 Mei 2020 (THE EDITOR/ Dameria Hutabarat)

Area bermain di tiap taman terbagi dalam dua area yang lantainya dominan menggunakan bebatuan. Tujuannya adalah untuk mempermudah anjing berlari, menjaga manusia agar tidak mudah jatuh saat tengah bermain dengan peliharaan mereka dan mempermudah pemilik membersihkan kotoran anjingnya.

Di sekeliling taman terdapat alat penyedia kantong plastik untuk membersihkan kotoran seperti tong sampah, pompa air dan mangkuk minum untuk para anjing. Mainan untuk para anjing pun disediakan secara gratis.

Taman anjing ini berdiri bukan dari distribusi dana pajak pemerintah, melainkan donasi dari komunitas pecinta anjing yang kebanyakan tinggal di area dekat taman. Mereka menyebut diri sebagai Friends of Billerica Dog Park Committee.

Rutinitas membawa anjing untuk bermain di taman ini membuat para pengunjung saling menjalin persahabatan satu dengan lainnya, bahkan hingga merayakan ulang tahun sang peliharaan bersama.

Sebagai contoh, Mandu, seekor anjing campuran jenis Golden Doodle tengah merayakan hari ulang tahun pertamanya bersama sahabat-sahabat baiknya Max, yang juga seekor anjing Golden-Doodle yang telah berusia satu tahun dua bulan, dan Diamond, seekor anjing jenis Golden Doodle berusia satu tahun di taman tersebut.

Pesta ulang tahun ini dihadiri oleh sahabat dan kerabat dari para pemiliknya. Sebuah kue berbentuk tulang yang dilapisi dengan lapisan gula spesial dipesan untuk merayakan hari jadi sang anjing dari sebuah toko kue yang khusus menyediakan kue-kue kecil dan kue ulang tahun khusus anjing. Persahabatan mereka terjalin di Billerica Park.

Dameria Hutabarat berdomisili di New York, Amerika Serikat dan mempunyai passion dalam traveling, voluntering dan aktif dalam komunitas.

Leave a Reply

  • (not be published)