Andaq Hidayat (Foto: Elitha Tarigan/ THE EDITOR)

MAKASSAR – Pilpres 2024 nanti dipercaya akan jadi pesta demokrasi paling meriah untuk perempuan. Demikian dikatakan oleh Andaq Hidayat saat berbincang dengan The Editor beberapa waktu lalu.

Sebagaimana diketahui, nama Andi Amran Sulaiman akhir-akhir ini kembali mencuat sebagai salah satu tokoh yang berpotensi untuk maju di ajang Pilpres 2024. Dalam perjalanannya, pengusaha yang bernaung di bawah perusahaan Tiran Group tersebut ternyata dipercaya juga akan berhasil menang di Pilpres saat berdampingan dengan Puan Maharani.

“Berbicara arah kepemimpinan untuk pesta demokrasi 2024 nantinya bisa jadi arahnya kembali ke jaman kepemimpinan Megawati pada saat beliau menjadi presiden wanita pertama di Indonesia dan di turunkan ke anak beliau yaitu Puan Maharani,” ujar Andaq mengawali pembicaraan.

Menurutnya, nama Puan paling cocok bersanding dengan tokoh yang memiliki karakter kuat dan berani melawan tekanan dari penguasa seperti Amran. Andaq menilai keputusan Amran saat mendorong ekspor dan menghentikan impor sebagai menteri pertanian akan mendorong elektabilitas Puan Maharani dan PDIP yang terkenal selalu mengusung tema mendukung ‘wong cilik’.

Tokoh wanita menurut Andaq yang cocok berdampingan dengan Amran Sulaiman adalah Tri Rismaharini yang sukses menjaring simpati masyarakat saat menjabat sebagai Walikota Surabaya dan sebagai Menteri Sosial. Selain itu, Andaq menilai sikap tegas Amran Sulaiman dalam memberantas korupsi di Kementerian Pertanian juga sangat cocok disandingkan dengan Sri Mulyani Indrawati yang saat ini tengah menjabat sebagai Menteri Keuangan.

“Banyak isu yang beredar di media cetak dan media sosial nama-nama yang akan menjadi pasangan dia nantinya yang salah satunya itu berada di kawasan Timur Indonesia seperti Jusuf Kalla dan Andi Amran Sulaiman yang bakal menjadi tandem di pilpres 2024,” jelas Andaq.

Kembali pada Puan Maharani, Andaq menilai nama Amran Sulaiman selalu bersaing ketat dengan Jusuf Kalla sebagai orang yang paling tepat untuk mendampinginya di laga Pilpres 2024. Karena untuk meraup suara dari kawasan Timur Indonesia, Puan Maharani perlu tokoh sentral asal Timur yang mampu mendulang suara sebagaimana dalam ajang pesta demokrasi di tahun 2014 dan 2019.

“Untuk meraup suara buat kawasan Timur Indonesia, Puan Maharani harus menggandeng salah satu tokoh tersebut antara JK dan Andi Amran Sulaiman karena dua tokoh ini yang mempunyai elektabilitas tinggi dan populer di masyarakat baik dari kaum orang tua maupun dari kaum milenial,” tegasnya.

Siapa Pengganti JK

Sejarah keberhasilan Jusuf Kalla mendampingi dua putaran Pilpres yakni bersama Susilo Bambang Yudhoyono (periode 2004-2009) dan Joko Widodo (Periode 2014-2019) menjadi pelajaran sejarah yang paling berharga bagi tokoh-tokoh asal Timur Indonesia.

Karena dalam periode tersebut, nama Jusuf Kalla tidak pernah tenggelam karena sebagai pengusaha Ia terkenal cenderung berani dan selalu apa adanya baik saat berkomentar ataupun dalam mengambil keputusan.

Menurut Andaq, satu-satunya orang yang dipandang cocok dan bisa menyamai Jusuf Kalla di masa depan untuk berlaga di Pilpres 2024 adalah Amran Sulaiman. Latar belakang keduanya sebagai pengusaha serta orang yang pernah duduk di posisi menteri menjadi tolak ukur yang bisa dilihat dan dijadikan pembanding.

“Berbicara sosok pak JK, Beliau sudah mengukir sejarah menjadi wakil presiden Indonesia yang kedua kalinya yang bisa menjadi kekuatan besar bagi Puan Maharani jika bersanding dengan beliau.

“Salah satu tokoh Sulawesi lainnya yaitu Amran Sulaiman yang dikenal sebagai Menteri Pertanian di era Jokowi – JK, merupakan kekuatan baru buat Puan Maharani jika di berpasangan dengan beliau. Amran dikenal dengan Bapak Mekanisasi Pertanian yang selama ini sangat membantu petani dalam hal Pasca Tanam dan Pasca Panen serta terobosan– terobosan yang Amran Lakukan itu membuat kebijakannya berpihak kepada petani sehingga beliau bisa membuat swasembada beras yang pernah di lakukan oleh Soeharto dan keberhasilan selama menjabat sebagai menteri Pertanian itu di akui Oleh FAO. Ini yang bisa menjadi kekuatan besar buat Puan Maharani jika berpasangan dengan Andi Amran Sulaiman,” pungkasnya.

Leave a Reply

  • (not be published)