Foto di depan gerbang utama Kuil Fushimi Inari di Kyoto, Jepang (Foto: Ninis untuk The Editor)

JEPANG – Kuil ini terkenal karena ribuan gerbang kuil yang dalam Bahasa Jepang disebut Torii berwarna jingga terang. Keindahan kuil ini sudah terlihat saat anda menginjakkan kaki pertama kali di halaman kuil. Gerbang setinggi 233 meter yang berada di tengah hutan di Gunung Inari menyambut setiap pendatang.

Gunung Inari dianggap suci oleh masyarakat Jepang, jadi tak heran bila ribuan masyarakat lokal berbaur dengan turis di kuil ini setiap harinya. Karena keindahannya, halaman kuil ini kerap dijadikan sebagai lokasi foto pernikahan oleh warga Jepang. Masyarakat Jepang memang sangat ramah dan terbuka pada turis.

Gerbang utama kuil ini sangat spektakuler. Dari sini anda bisa melihat pintu masuk ke dalam kuil yang sanat megah. Warna jingga cerah dominan mewarnai kuil ini.

Tak jauh dari pintu gerbang utama, terdapat dua gerbang lain yang ukurannya lebih kecil. Ribuan tiang yang persis sama bentuknya seperti gerbang utama berjejer hingga ke tengah hutan. Anda bisa memilih mau lewat gerbang kiri atau kanan. Bentuknya berbeda.

Di setiap tiang gerbang dapat ditemukan tulisan huruf Kanji yang isinya adalah nama-nama orang yang menyumbangkan tiang tersebut. Semakin besar ukuran tiang gerbangnya, tentu harganya lebih mahal.

Kuil Fushimi Inari adalah kuil yang ditujukan untuk menyembah Dewa Beras oleh masyarakat penganut agama Shinto di Jepang. Di halaman kuil juga dapat ditemukan banyak patung rubah. Hewan dianggap sebagai pembawa pesan untuk Dewa Inari yang memberikan kesejahteraan di bidang pertanian, khususnya beras, teh dan sake. Rubah ini terkadang menggigit kunci di mulut mereka, yang mewakili kunci gudang beras di zaman kuno.

Perjalanan di kuil ini membutuhkan energi ekstra. Dibutuhkan waktu sekitar 2-3 jam untuk sampai ke puncak kuil. Di sela perjalanan anda akan sering menemukan puluhan anak TK dan SD yang tengah studi ke tempat ini. Mereka berbaris rapi saat lewat di tiap-tiap gerbang.

Terdapat stasiun kereta tepat di seberang gerbang kuil yang bernama Stasiun Inari. Jadi, anda tinggal menyesuaikan rute tujuan bila sedang berada di sekitar area wisata di Kyoto.

Leave a Reply

  • (not be published)