Tokyo Tower terlihat dari kejauhan (Foto: Dwi/ THE EDITOR)

JEPANG – Berlokasi di Taman Shiba, Tokyo, Jepang, Tokyo Tower atau Menara Tokyo merupakan simbol dan objek wisata yang sangat terkenal.

Tahukah anda, Menara Tokyo adalah stasiun pemancar untuk memancarkan gelombang radio di awal pembangunannya. Namun sekarang juga digunakan untuk pemancar televisi analog (UHF/VHF), televisi lokal digital, dan radio FM.

Selain itu, perusahaan Kereta Api East Japan Railway juga menggunakan menara ini untuk meletakkan antena radio sistem darurat kereta api, dan sejumlah instrumen pengukuran dipasang oleh Kantor Lingkungan Hidup Metropolitan Tokyo.

Desain menara ini mirip dengan Menara Eifel di Paris, Prancis dengan tinggi 333 meter. Saat terbaik berkunjung ke Menara Tokyo adalah di malam hari.

Menara Tokyo memiliki banyak keunikan, dari kejauhan menara ini terlihat sangat menarik perhatian karena desain lampu yang membuatnya terlihat mencolok dari berbagai sisi.

Semakin mendekati lokasi menara, lampunya akan terlihat semakin terang. Lokasi di sekitar menara gelap karena menara diapit oleh jalan raya. Toko dan rumah warga sudah ditutup diatas jam 07.00 malam. Perlu hati-hati sembari membaca rambu lalu lintas.

Setibanya di halaman menara, hiasan lampu layaknya terowongan menyambut para pelancong. Lantai dasar menara ini jadi tempat penjualan tiket masuk ke menara. Harga tiket bervariasi, yaitu 310 yen (untuk anak umur 4 tahun ke atas), 460 yen (untuk pelajar SMP ke atas), dan 820 yen (untuk pelajar SMU ke atas). Tiket tersebut berlaku untuk naik hingga ke lantai observasi utama, yakni lantai 1F dan 2F yang terletak di ketinggian lebih kurang 150 meter.

Jika ingin naik hingga ke lantai observasi khusus yang berada di ketinggian 250 meter, turis harus membeli tiket lagi. Pembelian tiket dilakukan di lantai 2F sebagai ruang observasi utama. Harga tiketnya adalah 350 yen (untuk anak umur 4 tahun ke atas), 400 yen (untuk pelajar SMP), dan 600 yen (untuk pelajar SMU ke atas).

Disini turis bisa menikmati sensasi dinginnya udara Tokyo di musim panas bila ingin naik lewat tangga. Bila tidak maka cukup naik elevator saja. Pemandangan Tokyo dari empat sudut menara ini sangat spektakuler untuk dinikmati. Turis juga bisa uji nyali berjalan diatas lantai kaca yang memberikan suguhan tiang-tiang menara penuh lampu dari ketinggian 150 meter.

Untuk penggemar anime dan manga One Piece, ini adalah tempat yang sangat dinanti. Berbagai aksesori area permainan Tokyo One Piece Tower yang ada di dalam Tokyo Tower, tepatnya di lanai 3F sampai 5F. Kisah awal serial komik One Piece dapat dinikmati di 360 Log Theater di tempat ini.

Selain itu, ada beragam wahana permainan yang mengambil tema tokoh-tokoh One Piece seperti Luffy, Zoro, Nami, Franky, Brook, dan Ussop. Tiket masuknya 3.200 yen atau cukup 3.000 yen bila dibeli secara online.

Di lantai 2 Tokyo Tower juga tersedia berbagai macam aksesoris, kaos dan boneka maskit Tokyo Tower. Pusat oleh-oleh yang menjual Tokyo Banana sebagai menu utamanya juga tersedia disini. Jika kelaparan maka tersedia Food Town di lantai 2 menara. Disini tersedia restoran Tower’s Dinner, restoran Soba dan Udon, serta Food Court dengan aneka ragam menu yang lezat tentunya.

Ada banyak stasiun untuk mengakses Menara Tokyo, diantaranya Akabanebashi, Kamiyacho, Onarimon, Daimon, maupun Hamamatsucho Station (ujung rute Tokyo Monorail dari/ ke Bandara Haneda). Dari sana tinggal jalan kaki sekitar 5-10 menit saja.

Leave a Reply

  • (not be published)