Perdana Menteri Israel Naftali Bennet mengunggah foto orang-orang yang akan menempati posisi di kabinet baru pemerintahannya pada Senin, 14 Juni 20121 (Foto: @naftalibennet/ THE EDITOR)

ISRAEL – Akun resmi media sosial Twitter Naftali Bennet ramai oleh cuitan selamat atas terpilihnya Ia sebagai Perdana Menteri Israel menggangikan Benjamin Netanyahu.

Tak hanya lewat akun pribadinya di @naftalibennet, pria yang memakai profil foto wajah tegas dengan rambut plontos tersebut juga menggunakan akun resmi kantor perdana menteri Israel @IsraeliPM untuk menyapa tiap kepala negara yang mengucapkan selamat lewat Twitter kepadanya.

Negara mana saja yang ucapkan selamat atas terpilihnya Naftali Bennet sebagai prang nomor satu di Israel? Simak ulasan The Editor:

1. Kanselir Austria Sebastian Kurtz

“Selamat kepada PM @naftalibennett dan PM alternatif @yairlapid. Saya menanti kerja sama dengan Anda. Sebagai negara Yahudi dan demokratis, Austria akan terus menjalin komitmen dan akan terus berdiri di sisi Israel,” cuit @sebastiankurts pada Senin (14/6) malam.

2. Presiden Dewan Eropa Charles Michel

“Selamat kepada Perdana Menteri @naftalibennett dan kepada PM & MFA Alternatif @yairlapid atas pelantikan pemerintahan baru Israel. Kami menanti kemitraan bersama untuk memperkuat kemakmuran bersama dan menuju perdamaian & stabilitas regional yang langgeng,” cuit @eucopresident.

3. Wakil Presiden AS Kamala Harris

“Selamat kepada Perdana Menteri Israel yang Baru Naftali Bennet dan PM Altwrnatif, Menteri Luar Negeri Israel Yait Lapid, serta setiap orang yang terpilih di kabinet baru Israel,” cuit wanita dengan akun @VP itu.

4. Sheikh Salman bin Hamad al-Khalifa, putra mahkota Bahrain

“Saya mengucapkan selamat kepada @naftalibennett dan @yairlapid atas pembentukan pemerintah baru di #Israel, dan berharap untuk melanjutkan upaya menuju kemakmuran, stabilitas, dan perdamaian yang lebih besar di kawasan ini.” #Bahrain,” cuitnya lewat akun media sosial @BahrainCPnews.

5. Perdana Menteri Lithuania Ingrida Simonyte

“Selamat kepada @naftalibennett @yairlapid atas terbentuknya pemerintahan baru Israel. Saya menantikan kerja sama antara dua negara untuk memperkuat persahabatan, hubungan kerja sama dan keamanan antara Lituania-Israel, serta perdamaian global,” cuitnya di @ingridasimonyte.

6. Perdana Menteri Ceko Andrej Babis

“Selamat kepada @naftalibennett dan @yairlapid yang berhasil menyelesaikan negosiasi pasca pemilihan dan membentuk pemerintahan baru Israel. Israel adalah mitra strategis kami di kawasan Timur Tengah dan saya menantikan kerja sama lebih lanjut,” cuitnya di @andrejbabis.

7. Presiden Guatemala Alejandro Giammattei

“Salam hangat untuk Perdana Menteri, @naftalibennett dan kepada rakyat Israel atas dimulainya pemerintahan baru. Ikatan sejarah persahabatan yang menyatukan Guatemala dan Israel akan terus diperkuat,” cuitnya di @DrGiammattei.

8. Presiden Ukrania Volodymyr Zelensky

“Selamat kepada @naftalibennett atas pengangkatan Anda sebagai Perdana Menteri #Israel @IsraeliPM. Ukraina selalu merasakan dukungan Israel. Saya berharap kemitraan bilateral kita akan diperkuat demi kemakmuran rakyat kita,” cuitnya di @ZelenskyyUa.

9. Perdana Menteri Rumania Florin Citu

“Selamat kepada @naftalibennett dalam misi baru Anda sebagai Perdana Menteri Negara Israel, sekutu dekat dan dapat dipercaya dari . Saya yakin bahwa melalui kerja sama kita, kita akan membuat persahabatan antara #Rumania & #Israel semakin kuat,” cuitnya di @florincitu.

10. Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau

“Selamat atas pembentukan pemerintahan baru Israel, Perdana Menteri @NaftaliBennett dan Perdana Menteri Alternatif @YairLapid. Bersama-sama, mari kita cari cara untuk lebih memperkuat hubungan antara Kanada dan Israel,” cuitnya di @JustinTrudeau.

11. Presiden Honduras Juan Orlando

“Selamat kepada PM baru Israel @naftalibennett sudah @yairlapid . Doa terbaik kami untuk rakyat Israel. Kami berharap dapat semakin mempererat persahabatan dan kerjasama Honduras/Israel. Kami akan segera mengunjungi Yerusalem untuk meresmikan pembukaan kedutaan kami,” ujarnya di @JuanOrlandoH.

12. Perdana Menteri Inggris Boris Jhonson

“Atas nama Inggris, saya mengucapkan selamat kepada @naftalibennett dan @yairlapid atas pembentukan pemerintahan baru di Israel. Saat kita keluar dari COVID-19, ini adalah waktu yang menyenangkan bagi Inggris dan Israel untuk terus bekerja sama memajukan perdamaian dan kemakmuran bagi semua,” cuitnya di @borisjhonson.

13. Kementerian Luar Negeri Uni Emirat Arab

“#UAE mengucapkan selamat kepada Perdana Menteri Naftali Bennett dan Perdana Menteri Alternatif dan Menteri Luar Negeri Yair Lapid atas pembentukan pemerintah #Israel baru,” cuitnya lewat laman Kementerian Luar Negeri Uni Emirat Arab di @moFAICUAE.

14. Perdana Menteri India Narendra Modi

“Saya ucapkan rasa terima kasih yang mendalam atas kepemimpinan dan perhatian khusus yang diberikan oleh Netanyahu pada hubungan kerja sama strategis antara India dan Israel selama ini. Anda telah menyelesaikan sebuah tugas yang sangat sukses selama menjabat sebagai Perdana Menteri Israel,” katanya di @narendramodi.

Leave a Reply

  • (not be published)