Hanya ada tiga mata air panas bawah laut di dunia, salah satunya adalah mata air panas Zhaori di Pulau Hijau, pulau terluar Taiwan. Pemandian air panas Zhaori terletak di tepi laut, pengunjung dapat menikmati pengalaman unik berendam di pemandian air panas di laut (Foto: Pemerintah Taitung County)

TAIWAN – Taiwan terletak di persimpangan lempeng Eurasia dan lempeng Filipina, dan berada di zona seismik Lingkar Pasifik. Akibatnya, panas bumi menyebar ke seluruh pulau, membuat mata air panas Taiwan muncul di mana-mana.

Jenis pemandian air panas di Taiwan pun semakin beragam. Selain pemandian air panas konvensional juga terdapat pemandian air dingin, mata air berlumpur, dan submarine springs, merupakan salah satu daerah dengan kualitas mata air terbaik di dunia.

Berbagai pemandian air panas di Taiwan utara, tengah, selatan, dan timur memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Pemandian air panas Yangmingshan, Beitou, dan Wulai merupakan pemandian air panas terpopuler di Taiwan utara. Diantaranya, pemandian air panas Wulai mengandung sodium bicarbonate yang memiliki efek melembabkan dan memutihkan kulit, sehingga disebut juga beauty soup.

Pemandian air panas Ku Kuan di Taiwan terkenal karena bermanfaat untuk kesehatan jantung. Sedangkan di Taiwan selatan, mata air panas Guanziling adalah salah satu dari tiga mata air panas lumpur di dunia. Mereka yang mandi disini biasanya juga memanfaatkan lumpur sebagai masker agar kulit bercahaya.

Mata air panas yang terkenal di Taiwan timur antara lain adalah mata air panas Zhiben dan Jiaoxi. Mata air panas di kedua tempat ini bercirikan kualitas airnya yang jernih dan tidak berbau yang sangat populer di kalangan masyarakat.

Hanya ada tiga mata air panas bawah laut di dunia, salah satunya adalah mata air panas Zhaori di Pulau Hijau, pulau terluar Taiwan. Pemandian air panas Zhaori terletak di tepi laut, pengunjung dapat menikmati pengalaman unik berendam di pemandian air panas di laut.

Bagi masyarakat Taiwan, selain dapat memperbaiki sirkulasi darah dan artritis kronis, mandi air panas juga bisa meningkatkan regenerasi saraf dan metabolisme. Pemandangan pegunungan dan hutan yang indah, tempat makan dan lingkungan akomodasi yang nyaman di sekitar mata air panas telah menjadi wisata pemandian air panas yang unik di Taiwan.

Leave a Reply

  • (not be published)